Ketahui Bahayanya Jika Minum Air Es Setiap Hari

Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami,- Siapapun, jika cuaca sedang panas-panasnya, pasti yang dicari yang dingin-dingin kan? Nah kebanyakan dari kita jika merasa cuaca panas yang sampai-sampai membuat badan berkeringat banyak, solusi yang dicari untuk menyegarkannya adalah minum air es. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut, yang salah adalah jika minum air es ini dibiasakan dan menjadi kebiasaan setiap hari.

Biasanya mereka yang senang dengan air es dan mengkonsumsinya hampir tiap hari mayoritas anak-anak sekolahan. Karena aktifitas sekolah, pada jam istirahat mereka kemudian mencari air dingin sebagai pengganti air biasa. Namun ternyata ada dampak buruk terhadap kesehatan ketika terlalu sering meminum air es, apa saja? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Ketahui Bahayanya Jika Minum Air Es Setiap Hari

1. Perut jadi buncit.

Beberapa orang terbiasa minum air dingin / air es setelah selesai makan. Padahal hal tersebut tidak diperbolehkan karena bisa membuat perut menjadi buncit. Air es akan membuat perut buncit karena pada saat proses pencernaan, lemak akan dibutuhkan sebagai penghangat. Nah, bantalan lemak yang nantinya ini akan membuat air es yang dikonsumsi menjadi hangat. Karena semakin banyak air dingin yang masuk, semakin banyak juga bantalan lemak yang dibutuhkan untuk membuat air es didalam perut menjadi hangat. Namun, karena tidak seimbang, lemak tersebut malah tertumpuk di bagian perut yang akhirnya menyebabkan perut menjadi buncit.

2. Perut kembung dan begah.

Selain membuat perut menjadi buncit, minum air es setiap hari juga membuat perut mudah kembung dan terasa begah. Hal ini dikarenakan air es akan membuat suhu tubuh (terutama bagian perut) membuat ‘irama’ berubah dari organ pencernaan yang ada didalam perut. Karena irama tersebut berubah, maka selaput lendir didalam lambung akan langsung berkontraksi. Efeknya, perut akan mengalami kram karena enzim di saluran pencernaan serta cairan asam yang biasanya menyebabkan maag bercampur hinnga menimbulkan reaksi ber-gas didalam perut.

3. Membuat usus menyempit.

Bahaya lainnya meminum air es setiap hari akan membuat ukuran usus mengecil atau menyempit. Mengapa demikian? hal ini karena air es akan membekukan partikel lemak dan minyak yang berasal dari makanan yang dikonsumsi menumpuk dan membeku. Misalnya adalah ketika kita sudah makan-makanan panas dan berminyak, lalu kemudian mengkonsumsi air es. Akan lebih baik jika minum air hangat saja.

4. Membuat tubuh tidak nyaman.

Selain menganggu kesehatan pencernaan, air es yang dikonsumsi setiap hari justru akan membuat proses panas yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sistem pencernaan terpadamkan. Bagian tubuh yang akan berdampak langsung adalah perut, perut akan terasa tidak nyaman dan terasa seperti kita sedang sakit maag.

5. Jangan minum air es setelah berolahraga.

Nah, ternyata minum air es setelah berolahraga itu tidak diperbolehkan, karena ada beberapa alasan yang akan menganggu kesehatan. Dianataranya :

  • Terjdi perubahan suhu tubuh yang berpengaruh terhadap proses metabolisme.
  • Pembuluh darahakan menyempit.
  • Membuat aliran darah tidak lancar.
  • Perut mengalami kram, otot perut kejang.
  • Otot jantung mengalami gangguan gungsi.

6. Menyebabkan haus berlebihan.
7. Otak membeku.

Poin terakhir cukup mengerikan, pasalnya minum air es setiap hari bisa menyebabkan otak membeku. Coba perhatikan, apakah Anda pernah mengalami pusing saat minum air es melalui sedotan yang menyebabkan aliran darah ke otak lebih cepat. Itulah makanya terkadang langsung merasa pusing. Jika ini menjadi kebiasaan maka otak lama-lama bisa membeku.

Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat ya, salam!

Ketahui Bahayanya Jika Minum Air Es Setiap Hari |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *