Ketahui Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Saat kita sedang sakit tenggorokan, hal yang sudah pasti akan mengganggu adalah sakit saat menelan. Sakit tenggorokan yang menyebabkan sakit menelan umumnya terjadi akibat radang yang terjadi di tenggorokan. Namun ternyata tidak hanya berasal dari radang tenggorokan, beberapa masalah kesehatan lainnya yang terjadi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan sakit saat menelan.

Tenggorokan juga dapat terkena infeksi yang akhirnya menyebabkan sakit saat menelan. Infeksi dibagian tenggorokan terjadi oleh alergi, dan rasa yang cukup menyakitkan dapat berasal dari bagian atas leher hingga ke pangkal tenggorokandan dibelakang tulang dada. Jelas saja kondisi ini menyebabkan tidak nyaman karena turut menimbulkan sensasi seperti terbakar dan perih, serta seperti mendapat tekanan yang kuat di tenggorokan.

Maka dari itu, yuk lebih mengenali apa saja yang menjadi penyebab tenggorokan sakit saat menelan.

Ketahui Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan
— Radang tenggorokan.

Penyebab yang pertama sudah dijelaskan di awal bahwa Radang Tenggorokan adalah salah satu penyebab pasti Anda mengalami sakit tenggorokan sehingga kesulitan dalam menelan baik makanan maupun minuman.

Sakit tenggorokan terjadi disebabkan oleh infeksi virus, bakteri serta reaksi alergi terhadap alergen dari lingkungan sekitar termasuk udara kering, debu, merokok, serbuk sari tanaman dll. Jenis bakteri yang menyebabkan sakit menelan adalah bakteri streptococcal yang berada di amandel dan tenggorokan. Namun kondisi serupa juga dapat terjadi akibat virus. Bakteri maupun virus dapat menimbulkan peradangan dan iritasi di tenggorokan. Salah satu tandanya adalah pembengkakan amandel, kelenjar getah bening, demam hingga sakit menelan.

— Asam lambung.

Asam lambung kronis, salah satu dampak yang terjadi pada penderitanya adalah kesulitan dalam menelan. Kondisi ini yerjadi akibat cairan asam lambung yang bersifat asam, mengiritasi esofagus (kerongkongan). Inilah yang menyebabkan Anda merasa sakit saat menelan serta mengalami sedikit masalah pada pernafasan.

— Sakit amandel.

Amandel akan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, dan kesulitan dalam menelan. Dan ya, selain menyebabkan sakit menelan, amandel juga memperlihatkan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, amandel bengkak, bercak putih kekuningan di tenggirikan dalam. Biasanya anak-anak lah yang mengeluh sakit saat menelan terjadi akibat amandelnya yang membengkak.

— Difteri.

Difteri, mungkin belum banyak yang mengenal nama penyakit yang satu ini. Difteri merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae. Racun yang terdapat dalam bakteri tersebut mempengaruhi selaput lendir di hidung dan tenggorokan, sehingga membentuk selaput putih baru yang tebal yangdapat terlihat di lidah, dan terjadi juga pada bagian tubuh seperti tenggorokan, bagian dalam hidung hingga saluran pernafasan lain.

Gejala dari Difteri diantaranya menggigil, demam, bercak abu-abu yang lumayan tebak di amandel dan tenggorokan, bengkak di leher, batuk, kulit kebiruan, rasa tidak nyaman di tenggorokan, sakit menelan dan mulut yang terus mengeluarkan liur.

Baca juga : Awal Dari Terbentuknya Batu Empedu

By— Obat QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *