Kriteria Membedakan Benjolan Tumor Atau Kanker Di Payudara

Penyakit Kanker Payudara sudah menjadi ancaman penyakit serius yang tidak boleh lagi untuk diabaikan. Akan tetapi, masih banyak saja wanita yang belum berani bahkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini tentu saja tidak boleh didiamkan berlarut-larut dan bagaimanapun pengobatan harus segera dilakukan.

Kriteria Membedakan Benjolan Tumor Atau Kanker Di Payudara

Mengenai gejala benjolan di payudara.

Baik tumor atau kanker, biasanya ditandai dengan kemunculan benjolan. Ada beberapa kriteria perbedaan bagaimana melihat apakah benjolan tersebut adalah tumor atau kanker. Dan berikut adalah Kriteria Membedakan Benjolan Tumor Atau Kanker Di Payudara.

— Tumor jinak payudara.

Tumor jinak ini biasanya dapat dikenali dengan adanya berupa benjolan pada daerah payudara yang sebagian besar dalam kasusnya tidak bersifat agresif. Tumor bisa terus tumbuh membesar dalam ukuran, namun biasanya lebih lambat daripada jenis tumor ganas. Pertumbuhan benjolan ini juga bisa menyebabkan penekanan di sekitar jaringan tubuh lainnya serta nyeri atau pembengkakan.

Ada beberapa kondisi lainnya yang termasuk dalam tumor jinak payudara pada wanita, diantaranya :

  • Fibroadenoma mammae (FAM) (yang paling umum).
  • Fibrosis dan kista simpel payudara.
  • Hiperplasia duktal dan lobular.
  • Tumor phyllodes.
  • Mastitis.

— Tumor ganas (berpotensi kanker) payudara.

Kebalikan dari tumor jinak, tumor ganas merupakan benjolan pada payudara yang sifatnya agresif dan invasif. Selain itu, benjolan tumor ganas bertumbuh “liar” dan merusak jaringan di sekitarnya. Benjolan ini pada umumnya akan terus bertambah besar dengan lebih cepat dibandingkan dengan tumor jinak. Bentuknya juga biasanya tidak beraturan, dengan sel-sel yang menyebar ke organ-organ lain yang letaknya jauh dari payudara. Diperlukan pemeriksaan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan dan keganasan tumor ganas tersebut.

Untuk itu, jika Anda wanita ataupun laki-laki sekalipun sebaiknya segera lakukan pemeriksaan terkait tumbuhnya benjolan di payudara meskipun benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *