Macam-macam Penyakit Yang Menyerang Paru-paru

Paru-paru tubuh manusia termasuk salah satu dari organ pernafasan yang sangat penting. Tidak hanya itu, paru-paru juga berhubungan dengan sistem peredarah darah, serta tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida dalam darah. Namun sayangnya, paru-paru juga rentan terkena gangguan kesehatan dan penyakit jika kita tidak menjaganya dengan baik.

Ada banyak sekali Macam-macam Penyakit Yang Menyerang Paru-paru, dan berikut adalah contoh penyakit berbahaya yang menyerang paru-paru.

Macam-macam Penyakit Yang Menyerang Paru-paru
1. TBC atau Tuberkulosis.

TBC atau Tuberkulosis menjadi salah satu penyakit yang menular dengan mudah di masyarakat. Penyakit ini juga berbahaya karena sewaktu-waktu dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyebab dari penyakit TBC adalah serangan bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.

Gejala : Batuk berdahak yang terjadi lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, demam pagi dan sore hari, berkeringat di malam hari dan nafsu makan menurun.

2. Kanker paru-paru.

Mendengar kata kanker saja, kita sudah tau kalau ini adalah penyakit yang mematikan. Kanker juga dapat menyerang paru-paru dan sama bahayanya dengan penyakit kanker lainnya. Penyebab dari kanker paru-paru terjadi dari kebiasaan merokok yang mana rokok memiliki kandungan zat beracun. Tidak hanya menghisapnya saja, para perokok pasif yang tidak sengaja menghirup asapnya pun akan kendadampaknya. Bahkan pasien rumah sakit lebih banyak dialami oleh para perokok pasif dibanding dengan perokok pasif.

Gejala : Batuk berdarah, sesak nafas, sesak dada, berat badan menurut dratsis, dan mudah merasa lelah.

3. Emfisema.

Emfisema disebabkan oleh kehilangan keelasitasan dari Alveolus. Alveolus merupakan gelembung-gelembung yang terdapat di paru-paru. Mereka yang menderita Emfisema, memiliki volume paru-paru lebih besar dari normalnya. Penyebab utama dari penyakit paru yang satu ini masih berhubungan dengan asam rokok, serta kekurangan enzim Alfa-1.

Gejala : Sesak nafas dalam waktu lama, nafsu makan menurut dan berat badan menurun.

4. Bronkitis.

Penyakit Bronkitis, adalah penyakit peradangan yang terjadi di saluran bernama bronkus, yaitu saluran yang membawa udara ke paru-paru. Penyebab dari Bronkitis terjadi akibat infeksi dari kuman, virus dan bakteri. Penyebab umumnya adalah debu, asap rokok dan polusi udara.

Gejala : Batuk yang disertai demam, memiliki dahak yang berwarna kuning karena infeksi kuman, sesak nafas dalam waktu yang lama.

Baca juga : Obat Batuk Bronkitis Tradisional Untuk Anak

5. Pneumonia.

Pneumonia merupakan penyakit infeksi lainnya yang terjadi para paru-paru, tepatnya di jaringan paru / parenkim, yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Namun umumnya terjadi akibat bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus (Streptococcus).

Gejala : Batuk berdarah, dahak berwarna kuning dan kental, sesak nafas dan demam, sakit di dada.

6. Asma.

Asma terjadi karena adanya penyempitan sementara pada saluran pernafasan yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernafas. Penyempitan ini terjadi tepat di pembuluh tenggorokan. Asma bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu keturunan, perubahan suhu, debu, kelembaban, ketegangan emosi, dan aktifitas gerak tubuh yang berlebuh. Walaupun serangan sesak nafas pada asma dapat hilang dengan sendirinya, namun waspadai jika terjadi serangan berat dan tidak cepat ditangani dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Gejala : Sulit bernafas, bernafas dengan diiringi suara mengi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *