Macam-macam Penyakit Yang Terjadi Di Lambung

Obat QnC Jelly Gamat,- Lambung, adalah salah satu anggota bagian dalam tubuh yang penting, bertugas sebagai salah satu organ yang berperan dalam sistem pencernaan. Fungsinya, untuk mencerna makanan, serta melakukan penyerapan sari-sari makanan yang masuk kedalam tubuh.

Kebanyakan orang-orang lebih mengenal sakit maag, sebagai gangguan masalah yang terjadi pada lambung. Namun yang perlu Anda tau bahwa ternyata tidak hanya sakit maag yang bisa menyebabkan masalah dilambung, masih ada beberapa penyakit lainnya yang bisa terjadi di lambung, yang mungkin tidak Anda sadari. Kali ini, saya akan membahas beberapa penyakit tersebut, yang mungkin belum Anda ketahui, dan berikut ini adalah macam-macam jenis penyakit yang bisa terjadi di lambung, diantaranya adalah :

Macam-macam Penyakit Yang Terjadi Di Lambung

1. Maag.

Maag, adalah sakit yang umum terjadi pada siapapun. Maag terjadi karena peradangan pada dinding lambung yang penyebabnya adalah pengeluaran asam lambung berlebih. Asam lambung sebenarnya secara alami berfungsi untuk membantu menghancurkan makanan, namun jika tidak ada makanan di dalam lambung (dalam artian lambung kosong), asam lambung ini akan mengikis dinding lambung. Ketika asam lambung mengenai syaraf maka rasa sakit akan terjadi di bagian perut, nah proses inilah yang disebut dengan sakit maag.

2. Gastritis.

Penyakit lainnya yang biasa terjadi pada lambung adalah Gastritis. Gastritis termasuk peradangan yang terjadi pada lambung. Penyebabnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu, minuman beralkohol, luka trauma, luka bakar dan infeksi berat. Penyebab yang lebih parah terjad karena infeksi dari bakteri Heliobacter pylori, refluks empedu, dan stress. Biasanya orang-orang yang mengalami Gastritis ditandai dengan gejala seperti perut kembung, mual dan muntah.

3. Kanker lambung.

Apa yang terpikir ketika mendengar kata ‘kanker’ ? Pasti penyakit yang mematikan benar kan? Nah, lambung juga ternyata bisa terkena penyakit kanker. Kanker lambung dapat terjadi pada siapa saja, dan biasanya memiliki gejala signifikan seperti mengalami penurunan berat badan secara drastis, muntah, kulit menjadi kuning, kesulitan ketika menelan dan terdapat darah pada feses. Kanker adalah penyakit berbahaya, jika tidak mendapat penanganan kanker yang terjadi di lambung bisa merambat kebagian lainnya seperti paru-paru, tulang, lapisan perut hingga kelenjar getah bening.

4. Polip / tumor lambung.

Polip atau tumor jinak juga bisa terjadi dilambung. Ciri lambung yang terkena polip adalah tumbuhnya bintil-bintil pada lambung. Tumor polip ini jika masih dalam kategori tidak berbahaya maka bisa diangkat melalui operasi. Penyebab dari munculnya polip lambung ini adalah konsumsi makanan dengan kanungan nitrat. Nitrat merupakan zat pengawet yang baisa ditemukan dalam makanan kemasan, maka dari itu sebaiknya Anda tidak boleh sering-sering mengkonsumsi makanan kemasan. Selain makanan, polip juga bisa terjadi pada perokok aktif.

5. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)

GERD, mungkin agak aneh jika Anda mendengarnya, tapi yang perlu Anda tau tentang GERD, adalah salah satu gangguan pada lambung yang ditunjukan untuk kondisi kerusakan pada mukosa lambung. Penyebabnya adalah asam lambung yang terus mengikis dinding lambung. Penyebab dari GERD adalah depresi, kecemasan, kebiasaan tidur setelah makan, mengkonsumsi terlalu banyak makanan pedas dan asam, kebiasaan merokok dan jarang berolahraga.

6. Dispepsia.

Dispepsia termasuk gangguan lambung yang memiliki gejala nyeri serta perih pada bagian perut atas dan terjadi bahkan sebelum Anda makan / mengkonsumsi makanan apapun. Dispepsia juga biasanya disertai dengan gejala-gejala seperti mual, kembung, dan bersendawa. Gangguan Dispepsia dapat terjadi pada penderita Gastritis dan GERD.

7. Gastroparesis.

Gastroparesis adalah salah satu gangguan lambung yang menyebabkan ‘kelumpuhan’ di lambung, akibatnya makanan akan sangat lama untuk dicerna. Hal tersebut disebabka oleh lambung yang tidak mampu berkontraksi dalam memindahkan makanan ke dalam usus halus. Syaraf vagus yang mengontrol kontraksi ini. Gastroparesis dapat terjadi ketika syaraf vagus rusak dan otot-otot perut dan usus tidak berfungsi dengan benar. Makanan menjadi bergerak lambat atau bahkan dapat berhenti. Gejaladari gangguan lambung yang satu ini adalah mual kronis, muntah, nyeri perut, perasaan kenyang berlebihan meskipun makan hanya sedikit. Penyakit Diabetes melitus menjadi penyebab utama Gastroparesis, karena kadar glukosa dalam darah yang tinggi dapat mempengaruhi susunan kimia pada syaraf vagus.

8. Gastroenteritis.

Gastroenteritis, adalah jenis gangguan yang terakhir yang bisa menyebabkan masalah di lambung. Penyakit inilah yang juga menjadi penyebab dari terjadinya komplikasi antara diare, muntah, dan perut kram. Nama lain dari Gastroenteritis adalah flu lambung atau virus perut. Penyebab dari penyakit ini adalah rotavirus pada anak-anak dan norovirus, juga campylobacter pada orang dewasa. Penyakit ini bisa muncul dikarenakan konsumsi makanan yang tidak diolah dengan baik, air yang terkontaminasi, atau melalui kontak terlalu dekat dengan penderita.

Pencegahan dari Gastroenteritis sangat mudah, hanya dengan mengatur sebisanya berupa penggunaan air bersih lalu mencuci tangan secara teratur dengan sabun. Pemberian Vaksin rotavirus dapat dilakukan untuk mencegah Gastroenteritis. Dalam contoh kasus yang lebih ringan, penderita Gastroenteritis dapat diberi larutan oralit. Untuk kasus yang lebih berat, cairan infus mungkin diperlukan. Tidak dianjurkan menggunakan antibiotik karena penyakit ini tidak disebabkan oleh bakteri.

Macam-macam Penyakit Yang Terjadi Di Lambung |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *