Makanan-makanan Dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Kebutuhan tubuh selain zat nutrisi, gizi seperti Vitamin, Serat, Mineral, juga dibutuhkan kandungan bermanfaat lainnya seperti Antioksidan.

Zat Antioksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh karena secara secara umum manfaatnya sangat dibutuhkan. Contohnya saja dalam menghambat oksidasi lemak.

Dalam tubuh manusia memiliki radikal bebas, yang merupakan hasil dari tubuh memproses pembentukan energi. Dalam jumlah tertentu, radikal bebas dibutuhkan agar dapat membantu sel darah putih atau lekosit untuk menghancurkan atau memakan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi saat radikal bebas di dalam tubuh justru terlalu banyak, zat tersebut akan berbalik merusak tubuh. Akibat penuaan dini terjadi akibat dari rusaknya senyawa lemak yang dapat menghilangkan elastisitas kekencangan kulit sehingga mengakibatkan keriput.

Selain itu, bukan hanya mencegah penuaan dini antioksidan juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker Payudara pada wanita. Antioksidan seperti flavonoida, glikosida, dan polifenol juga mampu mencegah penyakit Alzheimer (kepikunan), dan kardiovaskular yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah.

Makanan-makanan Dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Anda bisa mendapatkan asupan Antioksidan dengan mudah, salah satunya dengan konsumsi makanan. Beberapa makanan memang diketahui memiliki zat antioksidan di dalamnya. Jadi, berikut ini merupakan jenis-jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penambah zat antioksidan yang berkurang setiap waktu di dalam tubuh.

1. Ikan.

Ikan termasuk makanan dengan kandungan antioksidan, yang dilengkapi dengan protein, selenium dan asam lemak omega 3. Kandungan nutrisi di dalam ikan sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Pada ikan Tuna, ikan haring,Salmon, Trout serta Tengiri adalah jenis-jenis ikan yang paling padat nutrisinya. Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi yang utuh jika menggunakan teknik memasak seperti mengukus, memanggang atau baking, bukan menggorengnya.

2. Sayuran berdaun hijau gelap.

Jenis sayuran yang berdaun hijau gelap ternyata sangat baik karena kandungan lemaknya yang rendah serta kalori, mengandung banyak serat, zat besi dan Kalsium. Sementara antioksidan pada sayuran jenis ini meliputi Vitamin C dan E, lutein dan beta-karoten. Kale, bayam dan swiss chard adalah beberapa contoh sayuran berdaun hijau.

3. Kacang.

Mengkonsumsi aneka kacang sangat baik bagi kesehatan, karena bukan hanya kaya  serat, tetapi Kacang juga kaya antioksidan. Terutama pada Kacang merah mengandung konsentrasi tertinggi dari antioksidan.

4. Buah Beri.

Beri adalah jenis buah-buahan yang dikenal tidak hanya enak, tapi juga akan membantu untuk melawan penyakit. Pada Blueberry,  manfaatnya dapat meningkatkan fungsi kognitif, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Tidak hanya Blueberry, berry lainnya seperti Blackberry, stroberi, raspberry dan cranberry kaya antioksidan.

5. Sayuran silangan.

Sebagian besar sayuran silangan memang kaya dengan antioksidan serta  mengandung fitonutrien yang bermanfaat dalam membantu memerangi penyakit Jantung, Diabetes serta beberapa jenis kanker. Sayuran silangan yang dimaksud adalah kubis, bunga kol, brokoli, dan collard hijau. Selain dimasak, sayuran tersebut juga lebih baik dikukus atau dimakan mentah untuk mendapatkan gizi yang lebih baik.

6. Kentang.

Kentang biasa dimasukkan kedalam bagian dari diet antioksidan. Dimasak dengan dianggang atau kukus kentang yang kaya antioksidan ini, akan menjadi pilihan makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan antioksidan.

7. Anggur Merah.

Buah Anggur yang berkulit gelap merupakan sumber kaya antioksidan, karena dengan demikian menjadi ciri jika Anggur tersebut penuh dengan flavonoid dan polifenol yang bermanfaat bagi jantung agar sehat. Minuman anggur merah termasuk tinggi antioksidan, akan tetapi bukan berarti Anda harus meminumnya sebotol penuh. Dalam rangka untuk menuai keuntungan dari Anggur Merah, sebaiknya Anda harus membatasi dalam mengkonsumsinya.

8. Wortel.

Wortel mengandung beta-karoten didalamnya, dimana kandungan tersebut membantu tubuh kita dalam memproduksi Vitamin A dan melawan kanker.

9. Apel.

Apel adalah buah yang disukai oleh hampir semua kalangan, manfaatnya yang luar biasa terdiri dari kandungan Vitamin dan antioksidan di dalamnya. Dengan mengkonsumsi Apel merah, dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

10. Cokelat.

Cokelat hitam juga kaya dengan kandungan antioksidan yang kuat, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Walaupun begitu, Anda tidak bisa makan cokelat tanpa adanya batasan. Cukupi konsumsi buah dan sayur lainnya untuk pemenuhan kebutuhan antioksidan.

Itu dia selengkapnya tentang Makanan-makanan Dengan Kandungan Antioksidan Tinggi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *