Makanan Sehat Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

Bagi mereka yang menderita gangguan darah rendah atau Hipotensi, memiliki beberapa keluhan yang bisa terjadi sepanjang hari seperti pusing, lesu dan terlihat pucat.

Orang-orang dengan keluhan seperti ini harus mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah mereka juga bisa memulai dengan menggunakan cara alami lewat konsumsi makanan-makanan sehat yang sangat bermanfaat bagi kesehatannya. Seperti dilansir dari laman detik Health, berikut ini adalah jenis-jenis makanan sehat bagi penderita darah rendah.

Makanan Sehat Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

1. Sayur bayam.

Sayuran hijau seperti bayam kaya dengan kandungan alami kalium, namun rendah sodium. Folat pada bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah. Proses ini nantinya akan mempertahankan kelancaran aliran darah.

2. Daging dan hati ayam.

Dalam daging ayam termasuk makanan dengan sumber protein hewani serta diyakini mampu membantu meningkatkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.

Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, Sp JP, FIHA, yang adalah spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita, menyatalam bahwa jika kita mengkonsumsi hati atau daging dianjurkan, yang penting asin. Tekanan darah rendah salah satunya terjadi karena kandungan garam dalam darahnya rendah, jadi usahakan makan makanan yang asin atau kandungan garamnya tinggi untuk mengganti elektrolit yang hilang.

3. Kacang-kacangan.

Pada penelitian yang dilakukan di Harvard Heart Letter, mereka merekomendasikan penderita tekanan darah rendah untuk makan kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan dalam penelitian mereka menunjukkan jika kacang-kacangan dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan termasuk makanan yang dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Hal inilah yang membuat tekanan darah naik.

4. Roti dan sereal.

Roti dan sereal sendiri memberikan sumbangan sebanyak 20% zat besi jika dikonsumsi setiap hari. Gandum akan memberikan efek lebih sehat pada tubuh sehingga penting untuk dijadikan menu makanan Anda harian. Selain itu, Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mampu mengurangi risiko tekanan darah rendah.

5. Air mineral.

Berkurangnya jumlah cairan tubuh akan turut mempengaruhi nilai tekanan darah. Oleh karena itu, salah satu cara alami untuk dapat menaikkan tekanan darah adalah dengan cukup mengonsumsi air putih kurang lebih sekitar 8-10 gelas per hari.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.