Makanan Super Yang Wajib Dikonsumsi Para Wanita

Makanan super adalah istilah untuk makanan sangat baik (dan sehat tentunya) yang wajib dikonsumsi. Pada wanita, mereka lebih banyak membutuhkan makanan sehat ketimbang pria. Pasalnya hal ini terjadi karena wanita memiliki beberapa perubahan yang terjadi pada tubuhnya seperti kehamilan, resiko tulang rapuh hingga kanker Payudara.

Makanan Super Yang Wajib Dikonsumsi Para Wanita

Maka dari itu, sekedar “makanan sehat” saja belum cukup. Terlebih dengan semakin bertambahnya usia, perubahan pada fisik wanita dan ketahanan tubuh mereka menurut.

Dilansir laman klikdokter menyebut jika ada ebberapa jenis makanan yang termasuk “Makanan Super” dan sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita. Jika dikonsumsi dengan benar, makanan tersebut bisa terlindung dari resiko berbahaya penyakit yang mengancam kapan saja.

Lalu, apa saja jenis makanan tersebut?

1. Bayam.

Bayam termasuk jenis sayuran dengan kandungan folat di dalamnya yang dapat menurunkan risiko Demensia, penyakit jantung, dan kanker usus besar. Selain itu, Bayam juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan penglihatan dan kulit. Wanita yang rutin mengonsumsi Bayam dapat melindungi lensa dan retina di mata, bahkan bisa menangkal beberapa keriput di kulit.

2. Pepaya.

Pepaya disebut memiliki kandungan beta-karoten (seperti dwortel) dan likopen (yang ada pada tomat dan semangka). Likopen sendiri bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko terkena kanker serviks dan kanker payudara. Pepaya mengandung antioksidan yang dapat menjaga tingkat kolesterol dan tekanan darah Anda lebih seimbang. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung pun akan berkurang.

3. Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan jenis makanan yang sehat dan bagus dikonsumsi setiap hari, bahkan untuk diet. Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan tak memiliki lemak. Bahkan dari harganya saja, jenis makanan ini cenderung lebih murah dibanding makanan lain. Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi. Jika para wanita rutin mengonsumsinya, kacang-kacangan bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah serta dapat menstabilkan detak jantung.

4. Alpukat.

Jika Alpukat termasuk buah yang sangat para wanita hindari karena kandungan lemak di dalamnya, maka sesungguhnya hal tersebut adalah salah. Lemak pada Alpukat termasuk jenis lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, dari penelitian menunjukkan jika diet kaya Alpukat membantu mengatasi lemak di perut dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Ikan sarden.

Ikan sarden termasuk makanan dengan kandungan alami asam lemak sehat yaitu kandungan itamin D dan kalsium. Sebagai salah satu makanan super untuk wanita, termasuk saat hamil. Hal ini dikarenakan kandungan lemak Omega-3 dari ikan ini dapat meningkatkan kualitas ASI. Ikan sarden juga baik untuk bayi dan ibu selama menyusui.

6. Yoghurt polos dan rendah lemak.

Seiring bertambahnya usia, wanita sangat membutuhkan lebih banyak asupan kalsium terutama saat memasuki usia di atas 50 tahun. Dan ternyata Yogurt djadikan salah satu makanan super yang wajib dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi Yogurt murni sekitar 8 ons saja dapat memberi Anda lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium tubuh. serta diperkaya dengan Vitamin D, untuk membantu tubuh Anda menggunakan Mineral lebih baik.

7. Ubi.

Ubi termasuk salah satu makanan sehat lain yang sebaiknya tidak dilewatkan. Kandungan di dalamnya pun lengkap, seperti serat, Vitamin B6, dan Potasium. Ubi juga termasuk makanan yang mengandung beta-karoten dan sumber Vitamin A yang baik. Ubi cocok dikonsumsi selama ibu hamil sebab dapat membantu menjaga kebersihan paru-paru bayi yang tengah dikandung.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *