Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Kista Ovarium

Ada kalanya saat kita sakit akibat penyakit tertentu, dokter menyarankan untuk menghindari jenis-jenis makanan tertentu sementara waktu, sebelum penyakit benar-benar sembuh. Dan hal ini juga berlaku bagi penderita Kista Ovarium.

Sebagian dari wanita penderita Kista, mengkhawatirkan tumbuhnya kantung berisi cairan tersebut. Salah satu kekhawatiran mereka adalah perkembangan dari Kista yang dapat mengakibatkan masalah pada kesuburan, sehingga menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Walaupun pada dasarnya, Kista dapat sembuh dengan sendirinya, namun ketidaknyamanan akan kehadiran Kista membuat wanita mengalami rasa sakit yang berat dibagian bawah perut, terutama saat menstruasi.

Perlu Anda ketahui jika Kista Ovarium juga bersifat keturunan, jadi jika Anda memiliki orangtua atau nenek yang telah mengalami Kista sebelumnya, hendaklah Anda bersiap atau setidaknya segera melakukan pencegahan dengan menjaga gaya hidup tetap sehat, termasuk dalam mengkonsumsi makanan sehingga terhidar dari Kista.

Bagi Anda yang pernah memiliki Kista sebelumnya, sangat dianjurkan untuk kemudian menjaga asupan makanan sehat, dan yang terpenting adalah menghindari makanan-makanan yang dilarang untuk penderita Kista.

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Kista Ovarium

Jenis makanan yang dilarang untuk penderita Kista Ovarium diantaranya adalah :

1. Tidak mengkonsumsi tauge, sawi putih dan kangkung.

Tauge adalah sayuran yang dilarang dikonsumsi oleh penderita Kista. Mengapa? Hal ini dikarenakan Tauge akan mendorong pertumbuhan sel, dikhawatirkan nantinya dapat mengembangkan penyakit Kista. Lalu, sayuran lain seperti sawi putih dan kangkung kurang baik dalam penyerapan obat obat Kista yang dikonsumsi. Hal ini dkarenakan Sawi putih dan kangkung akan mengurangi efektivitas dari kinerja obat. Jadi, bagi Anda yang telah divonis menderita Kista Ovarium, kurangi konsumsi cabai karena akan menurunkan jumlah oksigen di dalam tubuh.

2. Tidak mengkonsumsi buah Durian, Nangka, dan Nanas.

Buah-buahan memang bagus untuk kesehatan, namun bagi penderita Kista Ovarium, sebaiknya menghindari buah-buahan seperti Nangka dan Lengkeng. Nangka dan Lengkeng, keduanya merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan zat yang berpotensi mengembangkan sel Kanker. Pada buah-buahan jenis Durian, Nanas, Duku dan juga Anggur tidak disarankan dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi oleh penderita Kista, sebab mengandung alkohol yang dapat mengembangkan ke sel Kanker.

3. Mengurangi makanan Seafood.

Makanan laut tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan bagi penderita Kista, sebab kandungan lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi.

4. Menghindari makanan yang diawetkan.

Jenis makanan yang diawetkan seperti mie instan, ikan asin dan jenis makanan lainnya sangat tidak diperbolehkan bagi penderita Kista. Hal ini karena jenis makanan tersebut mengandung kandungan senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

5. Daging unggas.

Daging unggas yang dimaksud adalah daging yang berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan pada unggas sehingga bobot unggas meningkat. Hormon yang disuntikan pada unggas yang mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan manusia.

Penderita Kista Ovarium juga harus menghindari minuman beralkohol karena pada dasarnya minuman tersebut dapat memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan, dan tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang menderita Kista atau pernah menderita Kista. Begitupun dengan minuman bersoda yang akan membuat penderita memperparah kondisinya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *