Manfaat Bawang Pada Penderita Gastritis

Walaupun bawang termasuk bahan alami yang menyebabkan gas didalam perut, namun tidak bisa dipungkiri jika bawang memiliki nutrisi yang baik dalam membantu gangguan kesehatan yang berasal dari perut seperti sakit perut, mual, muntah dan masih banyak lagi.

Manfaat Bawang Pada Penderita Gastritis

Terutama pada Gastritis, yang disebabkan peradangan pada lambung. Umumnya Gastritis terjadi akibat peradangan pada lapisan lambung. Selain itu, akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu yang rentan terhadap efek samping Gastritis. Selain itu, peradangan di lambung yang menyebabkan Gastritis juga dapat terjad akibat bakteri Helicobcter pylori, yang dapat berkembang biak menjadi tukak lambung (menyebabkan lambung mengaami luka), bahkan kanker lambung.

Manfaat bawang disini ternyata bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Helicobcter pylori. Oleh karenya, jika penderita Gastritis mengkonsumsi bawang juga dengan makanan-makanan sehat lainnya seperti apel, seledri, jus chanberry akan membantu memulihkan kondisi lambung dari Gastritis. Apalagi bawang-bawang seperti bawang merah, bawang putih dan daun bawang termasuk jenis-jenis bawang yang kandungannya bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker lambung dan kanker kolorektal.

Namun, tidak semua jenis bawang bermanfaat. Dibawah ini adalah penjelasan dari jenis bawang yang tidak baik untuk penderita Gastritis.

Karena tidak semua hidangan bawang bermanfaat baik untuk penderita Gastritis, maka yang perlu dihindari adalah ketika makanan yang digoreng, juga mengkonsumsi bawang goreng. Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng dan lebih baik memang mengkonsumsi bawang segar, sayuran dan buah-buahan segar.

Jika mengkonsumsi makanan olahan seperti makanan ringan rendah serat, roti putih, juga termasuk makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita Gastritis. Lebih baik konsumsi makanan kaya antioksidan lainnya seperti apel dan teh. Alasan mengapa bawang merupakan makanan yang bermanfaat bagi penderita Gastritis karena memiliki kandungan quercetin, yaitu sejenis flavonoid, yang paling mudah diserap dari Bawang.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *