Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung

Bawang putih sudah sejak lama dikena sebagai salah satu bahan dapur yang murah, namun digunakan kedalam berbagai pengobatan alami seperti mengatasi pilek, batuk, demam, tekanan darah tinggi bahkan penyakit Jantung.

Namun, apakah hal ini sakedar keyakinan dari orangtua zaman dulu atau memang telah terbukti secara ilmiah?

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung

Dilansir laman klikdokter, menurut studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2016 lalu melaporkan jika bawang putih terbukti menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 7-16 mmHg pada orang yang mengalami Hipertensi. Selain itu, bawang putih juga menurunkan kolesterol total sebesar 7-30 mg/dL. Bawang putih juga aktif dalam melindungi pembuluh darah sehingga tidak mudah tersumbat. Oleh karenanya, peneliti menyimpulkan jika dengan mengonsumsi bawang putih memiliki manfaat baik bagi Jantung.

Bawang putih yang digunakan dalam penelitian tersebut, adalah ekstrak bawang putih mentah. Bawang putih mentah diyakini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan beberapa zat lain yang bermanfaat. Pengolahan bawang putih dengan digoreng atau dipanggang, diduga akan merusak kandungan zat-zat tersebut.

Walau memang telah terbukti berkhasiat, hingga saat ini berapa dosis yang tepat untuk mengknsumsi bawang putih serta cara pengolahannya yang paling optimal untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, masih menjadi kontroversi. Selain itu, bawang putih juga belum terbukti mampu menggantikan fungsi obat-obatan untuk Hipertensi, kolesterol tinggi, atau penyakit Jantung. Namun, bawang putih bisa dijadikan sebagai obat alami sampingan (yang tidak diprioritaskan tentunya) untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan racun-racun dan radikal bebas di dalam tubuh.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.