Manfaat Madu Untuk Anak Kecil Usia 1 Tahun Keatas

Tahukah Anda jika Madu bisa diberikan pada bayi yang bahkan belum berusia genap 1 tahun? Selain itu, Madu juga sangat diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk diberikan pada anak usia 1 tahun keatas. Mengapa? Karena kandungan alami pada Madu mampu mengurangi gejala gangguan tidur serta batuk yang rentan terjadi pada anak usia tersebut.

Manfaat Madu Untuk Anak Kecil Usia 1 Tahun Keatas

Madu sendiri merupakan cairan kental dan manis yang dihasilkan oleh lebah melalui nektar dari bunga. Rasa manis Madu ini berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa yang sama dengan pemanis yang terdapat pada gula. Secara alami dalam Madu terdapat kandungan nutrisi, yaitu :

  • fruktosa : 38,5%
  • Glukosa : 31%
  • Sukrosa : 1%
  • Air : 17%
  • Pemanis lain (maltosa, malezitose) : 9%
  • Lain-lain : 3,38%

Dalam hasil penelitian dari Madu, disebutkan jika Madu menunjukkan manfaatnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. coli yang rentan menjadi penyebab diare pada anak-anak. Madu juga telah terbukti dapat digunakan untuk mengobati luka, borok, hidung tersumbat karena efek alergi serbuk sari, dan sebagai pengganti gula pada penderita Diabetes. Kandungan antioksidan pada Madu juga menjadi penangkal radikal bebas yang mampu menjaga sel tubuh dari kerusakan. Semakin gelap warna madu, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya.

Pemberian madu untuk anak-anak perlu diperhatikan. Madu yang diberikan pada anak memang terbukti dapat membantu mengurangi gejala awal pilek yang paling umum, yaitu batuk. Madu dianggap mampu mengalahkan kandungan Dextromethorphan dan Diphenhydramine, yang umumnya terdapat pada obat batuk, dalam meredakan batuk dan gangguan tidur di malam hari.

Anak-anak yang diberikan 1–2 sendok teh, Madu setiap malam sebelum tidur untuk membantu menambah kualitas tidur yang lebih terjaga dan frekuensi batuk yang berkurang hingga lebih dari 50%.

Rekomendasi produk Madu untuk Anak, klik Walatra Hexabumin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *