Manfaat Mentol Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Kita mungkin mendengar Mentol terdapat pada beberapa produk yang biasa digunakan untuk mengatasi nyeri / meredakan nyeri. Tapi, apakah Anda mengetahui apa manfaat sebenarnya dari Mentol tersebut?

Manfaat Mentol Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Mungkin Anda tidak menyadari jika aktivitas sehari-hari seperti mengetik, mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya membuat beberapa sendi terasa nyeri. Rutinitas pekerjaan ataupun berolahraga yang memiliki gerakan menghentak dapat menyebabkan nyeri sendi di beberapa hari setelahnya.

Untuk mengatasi nyeri sendi yang terjadi, umumnya orang-orang menggunakan produk pereda nyeri yang dijual di pasaran. Pada umumnya produk tersebut di dalamnya akan mengandung nonsteroidal anti-inflamatory drugs (NSAIDs) atau yang biasa disebut obat antiradang. Selain itu, ada bahan lain yang biasanya diikutkan di dalamnya, misalnya Mentol.

Penambahan Mentol untuk salep dan obat tablet minum untuk menghilangkan rasa pahit juga tidak nyaman saat mengunyah obat. Selain Mentol memiliki efek dingin saat menyentuh kulit juga di dalam mulut, Mentol juga dapat membuat hangat setelah dioles pada nyeri yang dirasakan, hal inilah yang membuat perhatian Anda pada rasa sakit menjadi teralihkan.

Mengapa Mentol dapat meredakan rasa nyeri? Saat Anda menggunakan krim penghilang rasa nyeri yang mengandung Mentol, Mentol nantinya memberikan sensasi dingin yang dapat mengalihkan rasa nyeri. Mentol bersifat analgesik alami (pereda nyeri) bila digunakan dalam bentuk lotion, gel, atau krim. Manfaat lainnya adalah saat Anda mengoleskannya pada otot-otot yang nyeri, Mentol bereaksi memicu vasodilatasi yakni melebarkan pembuluh darah di area nyeri meningkatkan aliran darah, serta mengurangi fungsi sawar kulit.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.