Manfaat Penting Pakis Sayur Untuk Kesehatan

Mungkin Anda sering mendengar tentang tanaman yang satu ini, ya, Pakis. Pakis adalah tanaman jenis paku-pakuan. Dan untuk pakis sayur, jenis tanaman ini bisa kita konsumsi.

Bukan hanya sekedar pakis sayur, manfaat dari tanaman ini juga bisa kita dapat. Manfaat dari pakus sayur ternyata cukup banyak untuk kesehatan,di dalamnya juga terdapat cukup anyak kandungan nutrisi penting bagi tuuh, terlebih bagi para kaum wanita.

Manfaat Penting Pakis Sayur Untuk Kesehatan

Seperti dilansir dari laman wartamedika, berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi pakis sayur, yaitu :

1. Melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Kandungan betakaroten serta Vitamin A pada pakis sayur memiliki manfaat untuk menjaga dan melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

2. Mencegah penyakit rematik.

Kandungan alami Kalsium dan fosfor yang terdapat pada pakis sayur yang cukup tinggi, bermanfaat untuk menjaga dan mencegah rematik.

3. Membantu penyembuhkan luka.

Dalam pakis sayur juga ditemukan memiliki kandungan Vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan Kolagen. Kolagen yang terdapat pada pakis sayur sangat besar pengaruhnya pada sel disemua jaringan ikat. Hal inilah yang nantinya akan sangat membantu proses penyembuhan luka.

4. Mencegah peradangan.

Di dalam pakis sayur juga terdapat kandungan campuran antara asam lemak omega 3 dengan antioksidan yang memuat sayuran jenis ini jadi pilihan terbaik untuk membantu mencegah peradangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada tubuh.

5. Bantu menjaga kesehatan tulang.

Kalsium dan fosfor termasuk zat yang merupakan salah satu yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Baik fosfor dan Kalsium dalam tubuh membuat pakis sayur ini mencegah penyakit tulang seperti Osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan mata.

Pada 100 gram pakis sayur terdapat sekitar 3617 IU Vitamin A. Hal ini setara dengan 120% kebutuhan harian Vitamin A. Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Melancarkan buang air besar.

Kandungan serat yang tinggi pada pakis sayur dapat membantu melancarkan proses buang air besar dan menjaga kesehatan pencernaan.

8. Mengatasi penyakit Hipertensi (tekanan darah tinggi).

Pakis sayur mempunyai kandungan Kalium sebesar 370 gr dalam 100 gram nya. Pakis sayur memenuhi setidaknya 7% kebutuhan Kalium tubuh. Kalium yang terkandung dalam pakis sayur ini bermanfaat untuk mengurangi dan merelaksasikan Jantung yang mana dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah

9. Mencegah penuaan dini.

Yang unik lainnya dari manfaat pakis sayur adalah, tanaman ini mempunyai kandungan Flavonoid yang cukup tinggi sehingga membuat pakis sayur mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain mencegah penuaan dini, senyawa Flavonoid juga mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

10. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Betakaroten yang ada pada pakis sayur bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sebenarnya ada cukup banyak manfaat dari pakis sayur, mengingat kandungan gizi serta nutrisi di dalamnya yang juga melimpah. Terlepas dari manfaatnya yang luar biasa, Anda juga perlu untuk mengetahui efek samping dari terlalu banyak mengkonsumsi pakis sayur.

Pada jenis beberapa tanaman pakis, mempunyai kandungan yang dapat memicu pertumuhan sel kanker. Pakis Jika dikonsumsi dalam jangka panjang juga bisa memperbesar resiko ini. Pakis jenis ostrich adalah jenis pakis yang paling aman untuk dikonsumsi.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *