Manfaat Protein Dan Dampak Kekurangannya Pada Tubuh

Selain Vitamin, yang dibutuhkan manusia untuk tetap dalam kondisi sehat dan bugar adalah Protein. Bahkan, manfaat Protein diketahui sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi laju pertumbuhan dari rambut kita. Tidak hanya itu saja, kekurangan Protein juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Pada dasarnya, Protein memiliki peranan besar untuk tubuh. Terutama pada jaringan otot, tubuh, organ dan sistem kekebalan tubuh yang memiliki Protein sebagai bahan dasar di dalamnya. Peranan Protein juga membantu dalam pembuatan sel darah merah (Hemoglobin), yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika Anda termasuk menggemari olahraga, pasti sudah paham dengan peranan Protein yang dapat membantu proses penggantian jaringan tubuh yang rusak dan pembentukan massa otot. Selain itu mereka yang pernah menjalankan diet khusus yang juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi Protein. Protein disini akan berguna sebagai bahan penting untuk pembuatan enzim, hormon, dan zat penting lainnya untuk tubuh.

Manfaat Protein Dan Dampak Kekurangannya Pada Tubuh

Mengenal Dampak Kekurangannya Pada Tubuh.

Dengan besarnya manfaat dari Protein untuk tubuh, maka jika tubuh kekurangan Protein, akan sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan tubuh. Beberapa dampak yang mungkin Anda alami akibat kekurangan Protein bisa terjadi, diantaranya:

  • Mengalami gangguan fungsi otak dan kesehatan mental.

Tubuh yang kekurangan Protein, akan memiliki jumlah asam amino yang rendah pula. Neurotransmitter yang merupakan suatu zat di otak setidaknya memerlukan 8 jenis asam amino penting yang berasal dari nutrisi makanan yang Anda konsumsi. Asupan ini bisa diperoleh melalui makanan bersumber Protein tinggi, seperti daging, susu, dan telur. Asam amino juga diperlukan untuk pembentukan dopamine dan serotonin yang berkaitan dengan suasana hati. Kekurangan dopamine dan serotonin bisa membuat suasana hati menurun dan memicu perilaku kasar.

  • Rambut menjadi rontok.

Memang sebagian besar rambut rontok disebabkan oleh proses penuaan dan faktor genetik, namun kekurangan Protein juga bisa jadi penyebab rambut rontok. Kekurangan Protein sendiri bisa diakibatkan oleh diet tanpa protein maupun rendah Protein, atau orang yang memiliki kebiasaan makan tidak normal, sehingga menderita kekurangan asupan Protein.

Selama proses kekurangan Protein tersebut, laju pertumbuhan rambut Anda melambat dan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Rambut yang tersisa akan menjadi lebih pendek dan berkurang jumlahnya, bahkan menipis.

Dengan peranan penting yang cukup besar dari Protein, khususnya pada otot Jantung, jika kekurangan kandungan Protein maka akan berpengaruh pada organ Jantung. Jika terlalu banyak pun bisa memicu kondisi kesehatan lainnya yang disebut Ketosis. Kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami peningkatan jumlah cairan yang dikeluarkan tubuh, Diabetes, Osteoporosis, Diabetes hingga penyakit berbahaya seperti Kanker.

Maka dari itu, mulai dari sekarang segera penuhi kebutuhan Protein Anda dan tetap jalankan pola hidup sehat! Semoga bermanfaat salam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *