Masalah Kesehatan Gigi Dan Mulut Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Merupakan hal yang wajar pada ibu hamil yang mengalami beberapa perubahan. Mulai dari fisik dan juga dan juga psikis, termasuk pada keadaan gigi dan mulit. Semua hal yang terjadi dipicu oleh perubahan pada hormon.

Masalah Kesehatan Gigi Dan Mulut Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Ibu harus mengetahui gangguan kesehatan apa saya yang bisa menyerang mulut dan gigi. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Gigi goyang.

Ibu yang tengah dalam masa kehamilan, bisa mengalami gigi goyang yang pada umumnya terjadi pada usia kehamilan akhir. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan pada jaringan di sekeliling permukaan akar gigi atau penyebab lainnya yang tidak berhubungan dengan kehamilan. Akan tetapi, gigi goyang pada ibu hamil tidak berkaitan dengan kekurangan suplai kalsium pada tubuh, dan biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah proses melahirkan.

2. Gingivitis (radang gusi).

Dampak dari kenaikan level hormon estrogen akan menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena gingivitis dan hiperplasia gingiva (penebalan gusi akibat pembengkakan). Gingivitis biasanya menyerang sepanjang tepian gusi, dan gusi di antara gigi-gigi. Gingivitis juga biasanya terjadi karena perubahan hormon.

3. Gigi berlubang.

Pada ibu hamil yang terkena Gingivitis, saat kemudian menggosok gigi jadi terasa tidak nyaman. Walaupun kondisi ini bisa dibilang jarang terjadi, tapi dapat memicu terjadinya karies gigi, bahkan gigi berlubang.

4. Pengikisan enamel gigi.

Morning sickness umum terjadi pada ibu hamil, yang menyebabkan rasa mual dan muntah akibat naiknya level hormon gonadotropin (hormon yang berperan dalam kesuburan) pada trimester pertama kehamilan. Pada ibu hamil yang terlalu sering mengalami muntah, kondisi ini bahkan sampai mengganggu aktivitas atau seperti pada pasien bulimia, cairan asam lambung dapat mengikis sisi bagian dalam gigi, terutama pada gigi depan.

5. Granuloma piogenik (tumor kehamilan).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Journal of Clinical & Diagnostic Research, masalah kesehatan Granuloma piogenik memang cukup jarang terjadi, yakni hanya ada sekitar 1-5 % saja pada ibu hamil. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari peningkatan jumlah pembuluh darah secara abnormal. Penyebabnya tidak lain adalah perubahan hormon seks, yang mana di area tersebut sudah terjadi peradangan gusi akibat penumpukan plak gigi. Secara umum kondisi ini terjadi pada sisi bagian luar gusi yang berada di antara gigi, dan dapat terjadi kapan saja selama masa kehamilan, terutama pada kehamilan pertama saat trimester ke-1 dan ke-2. Namun jangan khawatir, kondisi ini akan sembuh sendiri setelah proses melahirkan.

Bagi ibu hamil yang juga mengalami gangguan pada gigi dan mulut, kami rekomendasikan untuk Bunda mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat guna meringankan gejala yang muncul dan mengganggu tersebut. Mengapa harus QnC Jelly Gamat? Karena obat herbal yang satu ini telah terbukti banyak dalam membantu mengurangi efek dan menyembuhkan dari gangguan penyakit baik akut maupun kronis secara alami, aman, dan tidak menyebabkan efek samping berbahaya.

Klik >> DISINI << untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan obat QnC Jelly Gamat asli.

*Peringatan, bagi ibu hamil penderita Anemia, sebaiknya tidak mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Semoga bermanfaat, salam!

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *