Membedakan Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe dan Psoriasis

Jika Anda memiliki keluhan gatal di kulit kepala karena ketombe, mungkin masih bisa diatasi dengan cara menjaga kebersihan kulit kepala dan memilih shampo yang tepat untuk mengatasi gatal karena ketombe. Namun sebenarnya, kulit kepala gatal juga tidak hanya terjadi akibat ketombe saja. Penyakit kulit yang dapat menyerang kulit kepala (seperti ketombe), dikenal sebagai Psoriasis. Apa sebenarnya Psoriasis tersebut?

Membedakan Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe dan Psoriasis

Menurut pengertiannya, Psoriasis merupakan peradangan kulit kronis yang tidak bisa sembuh, namun muncul kambuhan. Gejalanya dapat terjadi di bagian kulit manapun, termasuk pada kulit kepala. Psoriasis di kulit kepala bisa terasa sangat gatal dan kulitnya bisa sangat kering sehingga mudah mengelupas, serupa dengan ketombe. Lalu, bagaimana cara membedakan keduanya?

Perbedaan diantara penyebab dan gejalanya.
Ketombe.

Penyebab umum ketombe tidak lain adalah jamur Malassezia yang hidup di kulit kepala. Jamur akan terus berkembang biak sehingga mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Jarang mencuci rambut membuat kepala ketombean, karena minyak, kotoran, dan sel kulit mati akhirnya menumpuk dan berkerak hingga mengelupas. Muncullah serpihan ketombe berwarna putih yang biasanya Anda lihat jatuh di bahu. Penyebab lainnya dari munculnya ketombe, yaitu reaksi alergi pada bahan kimia tertentu dalam produk perawatan rambut. Kondisi ini sering disebut dengan dermatitis seboroik. Biasanya, serpihan ketombe akibat dermatitis seboroik berukuran lebih besar dan berwarna kekuningan.

Psoriasis di kulit kepala.

Psoriasis di kulit kepala sama saja dengan psoriasis di tempat lainnya. Psoriasis termasuk gangguan penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem imun tubuh justru berbalik menyerang sel kulit yang sehat. Akibatnya, sel kulit bisa tumbuh terlalu cepat sehingga akhirnya menumpuk. Psoriasis menyebabkan kulit kepala meradang menjadi kemerahan dan memiliki bercak putih keperakan. Gejala lainnya yaitu muncul rasa gatal dan nyeri panas di kulit. Kulit kepala yang menebal kemudian mengeras dan bersisik, sebelum akhirnya mengelupas menjadi serpihan yang mirip ketombe.

Berbeda dengan gejala ketombean, gejala Psoriasis juga bisa menyebabkan kulit kepala berdarah akibat pengelupasan kulit kering tersebut. Namun, ketombe biasa tidak akan sampai membuat berdarah. Gejala psoriasis bisa kambuh dam semakin parah ketika Anda berada di lingkungan yang dingin atau sedang stres. Psoriasis paling umum dialami oleh orang-orang berusia 15-35 tahun.

Perbedaan lainnya yaitu dalam cara mengatasi ketombe dan Psoriasis.

Pada ketombe, cara yang paling umum untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan shampo anti ketombe di pasaran. Jika Anda telah mencoba sampo antiketombe selama lebih dari sebulan dan gejalanya belum membaik, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Untuk gangguan Psoriasis, dikatakan jika penyakit ini cukup sulit dan bahkan tidak bisa disembuhkan. Namun, ada pengobatan yang dapat mengurangi gejala dan memperbaiki penampilan kulit kepala Anda. Maka dari itu pengobatan Psoriasis akan bergantung pada jenis dan tingkat keparahan Psoriasis itu sendiri.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.