Mengalami Mual Dan Pusing Saat Menjalankan Puasa

Mual dan pusing, termasuk kondisi umum yang terjadi pada siapapun yang menjalankan puasa Ramadhan. Kondisi ini tidak hanya membuat tidak nyaman bagi penderitanya, namun ibadah puasa juga bisa terganggu.

Mengalami Mual Dan Pusing Saat Menjalankan Puasa

Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena faktanya mengalami mual dan pusing saat menjalankan puasa adalah wajar dan dapat diatasi dengan mudah! Dan berikut merupakan penjelasan selengkapnya seperti yang telah dikutip dari laman alodokter.

1. Mual saat puasa.

Umum terjadi akibat adanya gangguan / masalah di lambung. Bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki penyakit lambung yang cukup berat, sebaiknya ketahui hal-hal apa saja yang bisa menganggu lambung Anda saat berpuasa.

Adapun cara mencegah mual terjadi saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dengan takaran 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat berbuka dan setelah makan malam. Selain itu, lebih baik lagi jika memperbanyak konsumsi sayur dan buah, menghindari makanan terlalu berminyak, makanan pedas, makanan asam, kopi, soda dan rokok yang dapat memicu banyak gas di perut.

2. Pusing saat puasa.

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, kurangnya kadar gula dalam tubuh (hipoglikemia) serta kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi) termasuk 2 hal yang paling umum menjadi penyebab Anda pusing saat puasa. Adapun penyebab lainnya, yaitu kurang istirahat serta tekanan darah rendah.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, pastikan Anda tidak melewatkan waktu sahur. Jangan mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, agar energi tubuh tetap terjaga sampai tiba waktu berbuka. Anda bisa menemukan karbohidrat kompleks pada oatmeal, nasi merah, pisang, serealia, dan susu.

Selain itu, pastikan juga Anda mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas sehari, tidur cukup 7–8 jam juga rutin olahraga minimal 3 kali dalam seminggu juga akan menjauhkan diri Anda dari keluhan pusing saat puasa.

Baca juga :

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *