Mengatasi Mual Pada Penderita Tipes

Mengatasi Mual Pada Penderita Tipes mudah saja. Ada beberapa langkah dalam mengatasinya. Gejala penyakit tipes atau demam tifoid memang ditandai dengan rasa mual, terkadang bahkan disertai muntah dan mulut terasa pahit sehingga kehilangan nafsu makan.

Mengatasi Mual Pada Penderita Tipes

Padahal, hal paling penting yang dibutuhkan penderita tipes adalah asupan yang cukup dari makanan bergizi agar lebih cepat pulih dari sakit tipes yang diderita. Oleh karenanya sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi mual-mual pada penderita tipes. Berikut ini sebagian tips yang mungkin dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut.

1. Dengan bantuan obat-obatan dari dokter.

Ketika mual-mual terjadi pada penderita tipes, mereka yang sedang dalam pengobatan / perawatan dokter pasti akan diresepkan obat untuk mengatasi mual-mual tersebut oleh dokter bukan? Nah, sebaiknya konsumsi obat tersebut.

2. Mengkonsumsi makanan-makanan yang mudah dicerna.

Makanan seperti nasi, telur, ikan, daging tanpa lemak adalah contoh makanan yang baik bagi penderita tipes. Hindari makanan-makanan dalam kategori sulit dicerna seperti sayuran alot kangkung, buncis, genjer dsb. Hindari juga makanan yang menyebabkan perut kembung seperti makanan bertepung, kacang, kol, kubis, jagung,  kentang dan pasta.

3. Makanlah sedikit-sedikit tapi sering.

Bagi penderita tipes, penting untuk memperhatikan makan. Makanlah dalam jumlah sedikit tapi intensitas sering. Kurangi makanan berlemak tinggi. Pastikan untuk mengkonsumsi air minum cukup agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi) selama sakit.

Itu dia langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk penderita tipes yang masih mengeluhkan mual-mual. Semoga dapat bermanfaat, salam!

Baca lainnya : 6 Tanda-tanda Pada Penderita Kencing Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *