Mengenal Bahaya Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Masalah berat badan sebagian besar berdampak pada ketidakpercayaan diri seseorang, dan hal ini tentu saja menjadi masalah yang harus diatasi, baik dari berat badan yang berlebih, juka membangun kepercayaan diri kembali.

Mengenal Bahaya Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Selain itu, dampak dari berat badan berlebih adalah kondisi tubuh yang rentan terkena penyakit tertentu, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga komplikasi akibat masalah kesehatan tersebut. Solusi untuk mengatasi dan mencegah dari hal-hal yang membahayakan kesehatan akibat obesitas, adalah mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Ada begitu banyak solusi untuk membantu menurunkan berat badan berlebih, bahkan secara instan. Hal ini sebenarnya, perlu dikaji kembali karena ternyata penurunan berat badan yang terlalu cepat (instan) justru membahayakan bagi tubuh.

Dilansir laman klikdokter, penurunan berat badan dengan cepat memang sangat mungkin terjadi. Namun, Anda juga perlu mengetahui bahaya yang bisa terjadi akibat kondisi tersebut. Ini dia selengkapnya.

  • Malnutrisi.

Diet yang berlebihan berdampak pada tubuh kekurangan protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang penting untuk membantu sistem metabolisme tubuh. Kondisi ini nantinya justru dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, mudah terserang penyakit, gangguan sistem saraf, dan lainnya.

  • Kehilangan otot.

Hal ini disebabkan oleh asupan protein yang berkurang. Tubuh membutuhkan protein sekitar 0,68 g/kgBB setiap harinya. Diet yang berlebihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat tidak hanya akan mengurangi lemak tubuh tapi juga akan mengikis otot tubuh.

  • Batu empedu.

Terjadi pada 12 – 25% orang yang menurunkan berat badan terlalu cepat. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan keluhan nyeri hebat di perut.

  • Efek yo-yo.

Hal ini juga berkaitan dengan asupan protein yang kurang dan kehilangan otot tubuh yang akan menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Saat sedang diet, sistem metabolisme tubuh akan menyesuaikan dengan asupan makanan dan aktivitas tubuh. Semakin sedikit asupan kalori makan metabolisme tubuh akan melambat. Jika kondisi ini terus berlanjut dan pada suatu saat Anda berhenti melakukan diet atau olahraga maka tubuh tidak mampu mengejar kemampuan memetabolisme secara cepat. Akibatnya muncul efek yo-yo, berat badan dapat kembali seperti sebelum diet atau justru lebih berat dari sebelumnya.

Penting untuk diingat untuk menurunkan berat badan dengan diet yang ekstrim seperti diet sangat rendah kalori membutuhkan pengawasan dokter. Pada hakikatnya, setiap orang memiliki cara diet yang berbeda-beda tergantung dari berat badan, kondisi tubuh, serta ada tidaknya penyakit tertentu. Lebih baik turun secara bertahap dan tetap sehat daripada cepat turun namun menimbulkan masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *