Mengenal Cholangitis, Infeksi Pada Saluran Empedu

Kita mungkin hanya mengetahui jika gangguan kesehatan / penyakit yang berkaitan dengan empedu, adalah batu empedu. Namun ternyata, saluran empedu juga bisa menjadi masalah kesehatan jika terkena infeksi. Adapun infeksi pada saluran empedu, dinamakan Cholangitis

Baca : Cara Menghilangkan Batu Empedu Selain Operasi?

Tentang Cholangitis.

Mengenal Cholangitis, Infeksi Pada Saluran Empedu

Dijelaskan diatas jika Cholangitis termasuk penyakit infeksi pada saluran empedu yakni sebuah saluran yang dilewati oleh cairan empedu dari hati, menuju kandung empedu dan usus. Cairan empedu ini bagaimanapun sangat dibutuhkan, sebab cairan yang diproduksi hati ini berguna dalam membantu proses pencernaan. Dalam kondisi normal, cairan empedu bersifat steril. Namun, saat terjadi penyumbatan di saluran empedu, maka tumpukan cairan ini kemudian bisa menimbulkan infeksi.

Gejala Cholangitis.

Penderita Cholangitis, biasanya merasakan tanda-tanda dan gejala seperti :

  • Merasakan sakit di perut bagian tengah atau bagian kanan.
  • Warna feses cokelat tua (serupa tanah liat)
  • Warna urin menjadi lebih gelap.
  • Mual dan muntah.
  • Demam.
  • Badan menggigil.
  • Kulit menguning yang hilang timbul.
Penyebab Cholangitis terjadi.

Selain infeksi bakteri dan saluran empedu yang tersumbat, penyebab Cholangitis juga terjadi akibat beberapa faktor diantaranya adalah memiliki riwayat sakit batu empedu, penderita sclerosing cholangitis, penderita penyempitan saluran empedu, penderita HIV / AIDS, dan mereka yang mengunjungi wilayah rawan infeksi parasit.

Cholangitis dapat terjadi pada siapa saja, namun sebagian besar terjadi pada mereka yang berusia 50 – 60 tahun. Pada kondisi yang sudah parah, Cholangitis dapat menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat penanganan.

Mengenal Cholangitis, Infeksi Pada Saluran Empedu |

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *