Mengenal Manfaat Kedelai Edamame

Kacang Edamame, adalah kedelai yang masih berada di dalam polongnya. Kacang ini biasanya diolah dengan cara dikukus saja, atau direbus terlebih dahulu baru kemudian disantap tanpa kulitnya. Dalam setengah cangkir kadang Edamame saja, kita bisa memperoleh hingga 50 gram Magnesium.

Selain manfaat dari Magnesium, kadang kedelai Edamame juga memberikan kandungan nutrisi lain walaupun kita hanya mengkonsumsinya sedikit saja. Di dalamnya ternyata kita bisa mendapatkan 10% dari nilai kecukupan gizi harian dari kebutuhan Vitamin A dan Vitamin C. Keduanya merupakan jenis vitamin yang memiliki sumber antioksidan utama, zat besi tinggi yang setara dengan mengonsumsi dada ayam panggang sebanyak 113 gram, serta 9 gram serat yang sama dengan mengonsumsi 4 iris roti gandum.

Mengenal Manfaat Kedelai Edamame

Mengenal Manfaat Kedelai Edamame

Dengan kandungan tersebut, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat. Diantaranya :

  • Kedelai Edamame memiliki kandungan isoflavon, yang merupakan zat fitoestrogen yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kondisi resiko
  • Osteoporosis, penyakit jantung, dll.
  • Isoflavon yang signifikan dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), terutama pada pria.
  • Dalam penelitian membuktikan bahwa Isoflavon dalam kedelai Edamame memberikan efek anti-inflamasi (peradangan) pada wanita pada masa menopause yang mengonsumsi susu kedelai secara teratur selama 16 minggu sebanyak 1.020 gram. Diperkirakan, efek yang bisa didapatkan dari kebiasaan baik ini adalah untuk mencegah tulang keropos dan kanker.
  • Mengonsumsi protein dari kedelai lebih banyak dapat membantu mencegah serta mengobati Hipertensi.

Manfaat-manfaat diatas sudah terbukti secara ilmiah namun masih memerlukan tinjauan lebih jauh lagi dari medis. (sumber : alodokter).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *