Mengenal Penyebab Pembengkakan Pada Ginjal

Pembengkakan Pada Ginjal

Pembengkakan pada ginjal atau dalam istilah medis dinamakan Hidronefrosis, adalah kondisi masalah kesehatan dimana terjadi penumpukan urin pada salah satu atau kedua organ ginjal. Hal ini terjadi karena urin yang tidak bisa terus melaju menuju kandung kemih.

Mengenal Penyebab Pembengkakan Pada Ginjal

Normalnya ginjal akan bekerja dalam fungsinya sebagai penyaring sisa-sisa kotoran dari dalam darah, lalu kemudian membuangnya kembali bersama sisa dari cairan tubuh dalam bentuk urin. Urin kemudian disalurkan kembali melalui ureter dan membuangnya nenuju kandung kemih, lalu ditampung hingga kita merasa ingin berkemih (ingin buang air kecil). Akan tetapi, proses tersebut dapat mengalami penghambatan akibat terjadi penyumbatan di saluran ureter. Urin yang tidak dapat keluar, dan tidak bisa naik kembali ke ginjal, menyebabkan ginjal terisi penuh dan akhirnya membengkak.

Seperti yang dijelaskan tadi diatas, jika Hidronefronis, atau pembengkakan ginjal dapat terjadi pada salah satu ginjal, dan bahkan keduanya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun bahkan pada bayi sekalipun. Untuk bayi, gijala ginjal mengalami pembengkan dapat terlihat melalui hasil pemeriksaan USG yang dilakukan sebelum bayi lahir.

Tanda-tanda dan gejala yang muncul akibat pembengkakan ginjal yang ringan, dapat ditandai dengan meningkatnya rasa ingin buang air kecil dan seringnya Anda buang air kecil. Jika hal tersebut dibiarkan, gejala yang terjadi akan semakin parah dan kemungkinan akan bertambah dengan mual dan muntah, demam, urin tidak keluar semuanya, nyeri di perut dan panggul juga nyeri saat berkemih.

Mengenali Penyebab Dari Pembengkakan Pada Ginjal.

Mengenal Penyebab Pembengkakan Pada Ginjal

Penyebab ginjal membengkak ternyata berbeda pada setiap orang dan usia. Misalnya saja saat ginjal bengkak yang terjadi pada orang dewasa. Umumnya, orang dewasa yang menderita pembengkakan pada ginjal disebabkan oleh penyakit lainnya yaitu batu ginjal. Batu ginjal ini ikut mengalur dengan urin dan akhirnya malah menyumbat saluran ureter. Penyebab lainnya pembengkakan ginjal yang terjadi pada orang dewasa dipengaruhi oleh prolaps organ panggul,  kehamilan, pembesaran prostat jinak, ureter yang mengalami penyempitan, terdapat sel kanker di sekitar atau di dalam saluran urin, serta saraf yang mengontrol kinerja kandung kemih rusak.

Sedangkan, untuk penyebab ginjal bengkak yang terjadi pada bayi yang belum lahir, sayangnya sampai saat ini masih belum diketahui penyebab pastinya. Namun para ahli telah memperkirakan jika karena pada masa akhir kehamilanlah, bayi memproduksi lebih banyak urin yang mengakibatkan ginjalnya membengkak. Selain itu, ginjal bengkak yang terjadi bayi juga dapat dipengaruhi oleh refluks Vesikoureteral,  yaitu kondisi dimana katup yang mengontrol aliran urin dari ureter ke kandung kemih tidak berfungsi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan urin bayi mengalir kembali ke ginjal.

Kondisi ini bagaimanapun tidak boleh dibiarkan, karena jelas dapat membahayakan ginjal yang utama, lalu bisa saja menganggu fungsi lain dari organ-organ dalam tubuh yang berkaitan dengan ginjal. Makanya terkadang, orang-orang bisa menderita komplikasi penyakit.

Dengan Mengenal Penyebab Pembengkakan Pada Ginjal, semoga dapat membuat Anda lebih waspada dan tetap menjaga kesehatan serta menjaga pola hidup tetap sehat.

Semoga bermanfaat, salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *