Mengenal Stomatitis, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Tentang Stomatitis.

Anda mungkin lebih mengenal penyakti Sariawan daripada Stomatitis. Nah, Stomatitis sendiri adalah nama lain dalam istilah kedokteran yang mengarah pada terjadinya peradangan, luka di mulut dan gusi yang muncul dibagian dalam pipi, gusi, bibir dalam, lidah hingga langit-langit mulut.

Mengenal Stomatitis, Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Menurut pembahasan dari situs kesehatan Mediskus, diketahui jika penyebab Stomatitis terbagi kedalam dua jenis, diantaranya :

  • Pertama adalah Cold sore atau herpes stomatitis, adalah jenis Stomatitis yang penyebabnya adalah virus Herpes tipe 1, sehingga mudah menular. Biasanya terjadi pada anak-anak yang berusia 6 bulan hingga 5 tahun atau pada orang dewasa.
  • Kedua yaitu Canker sore atau aphthous stomatitis. Stomatitis aftosa berupa satu atau sekumpulan luka (ulkus) di dalam rongga mulut. Jenis sariawan inilah yang biasa terjadi pada orang dewasa dan untungnya sariawan ini tidak menular.

Gejala Stomatitis.

Menurut tanda-tanda yang bisa dilihat ketika seseorang menderita Stomatitis, diantaranya :

  • Memiliki beberapa luka (koreng) tersusun bergerombol pada rongga mulut, dengan bentuk yang tidak beraturan.
  • Luka tersebut biasanya terasa nyeri terlebih saat penderitanya hendak makan, minum, menelan, yang membuat kesulitan hingga bisa-bisa terkena dehidrasi.
  • Saat terjadi pada anak mereka menjadi lebih rewel dan tidak mau makan.
  • Keluhan biasanya terjadi dalam 7-10 hari.
  • Mengalami demam tinggi sebelum Stomatitis terjadi.

* Keterangan : Demam yang terjadi adalah akibat dari Herpes yang setinggi 104° F (40° C). Demam muncul sesaat sebelum Stomatitis atau sariawan di dalam mulut akhirnya menjadi lepuhan.

Lalu bagaimana cara mengobati Stomatitis?

Karena Stomatitis terjadi akibat infeksi virus, maka pengobatannya harus dilakukan dengan antivirus. Penggunaan obat tertentu bisa diberikan untuk mengatasi Stomatitis.

Stomatitis pada anak-anak juga harus tetap mendapat asupan cairan agar tidak dehidrasi. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan banyak asupan cairan dan jenis makanan yang lembek dan cair seperti jus buah, bubur, sup ayam, dan sebagainya. Jika rasa nyeri begitu menyiksanya, maka untuk mengatasi rasa nyeri yang sangat, dapat digunakan obat anestesi topikal yang diresepkan oleh dokter.

Pada Stomatitis tomatitis aftosa yang umumnya tidak berbahaya memang tidak terlalu perlu untuk pengobatannya sebab tidak berbahaya. Namun, pengobatan diperlukan jika kondisi Stomatitis semakin parah, misalnya muncul tanda-tanda infeksi, sariawan yang berukuran besar, dan lainnya.

Adapun beberapa obat yang harus diberikan adalah obat penghilang rasa sakit, mengatasi ulkus (luka) pada Stomatitis. Hindari juga mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu asin, asam dan pedas. Makanan-makanan tersebut dapat merangsang proses peradangan lebih parah. Jika ingin, boleh kok mengompres dingin atau menggunakan es batu untuk membantu mengurangi inflamasi.

Obat alami termanjur untuk sariawan? QnC Jelly Gamat solusinya!

Informasi pemesanan produk QnC Jelly Gamat, bisa disimak DISINI.

Apa itu QnC Jelly Gamat? Baca langsung tentang penjelasan selengkapnya, disini : QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *