Mengenal Teripang Laut Si Ahli Pengobatan Herbal Terkini

Kemajuan teknologi sekarang ini sangat-sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Seperti pola hidup manusia yang semakin berkembang seiring dengan perubahan zaman dan pola pikir manusianya yang semakin maju. Semakin cerdasnya manusia, hingga mampu menciptakan hal-hal yang dianggap tidak mungkin pada awalnya, menjadi mungkin.

Sama halnya dalam dunia pengobatan. Perubahan lebih luas semakin terjadi terutama pada pengobatan-pengobatan alternatif yang melibatkan alam sebagai salah satu unsur terpenting yang dapat membantu mengembangkan kesehatan manusia.

Dari kalangan tumbuhan dan hewan sudah banyak yang dikembangkan menjadi obat-obatan tradisional. Salah satu bahan alami yang digunakan sebagai obat dan berasal dari laut adalah penggunaan teripang emas, Teripang dikenal sebagai salah satu hewan laut invertebrata yang hidup pada substrat pasir, lumpur pasiran juga dalam lingkungan terumbu.

Mengenal Teripang Laut Si Ahli Pengobatan Herbal Terkini

Teripang juga termasuk komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang. Ekosistem asosiasinya berada pada berbagai trophic levels (tingkat struktur pakan).

Teripang juga sangat berperan penting sebagai pemakan deposit dan pemakan suspensi. Di wilayah lautan Indo-Pasifik, pada daerah terumbu yang tidak mengalami tekanan eksploitasi. Kepadatan teripang laut bisa lebih dari 35 ekor per m2, di mana setiap individunya dapat memproses hingga 80 gram berat kering sedimen pada setiap harinya.

Contoh species teripang yang memiliki nilai ekonomis dan sangat penting adalah teripang putih nama latinnya Holothuria scabra, teripang koro atau Microthele nobelis, teripang dongnga atau Stichopu ssp, teripang pandan atau nama lainnya Theenota ananas, dan beragam jenis teripang lainnya.

Pada dunia medis, penelitian teripang yang memiliki manfaat luar biasa dalam pengobatan adalah jenis teripang emas. Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ilmuwan di negara berbeda masing-masing setuju jika kemampuan teripang emas dapat membantu memperbaiki kesehatan dan mengobati penyakit diantaranya untuk penyembuhan luka seperti luka bakar, luka sayat, gores, mengatasi kulit gatal, darah tinggi, sebagai tonik ginjal, jerawat, asam urat, masalah persendian pada usia lanjut, maag, tumor, kanker, kista, stroke, kesehatan liver, jantung dsb.

Baca juga :

Setelah Mengenal Teripang Laut Si Ahli Pengobatan Herbal Terkini dalam penjelasan artikel diatas, semoga dapat memuaskan penasaran Anda tentang mulai banyaknya produk obat yang berbahan dasar dari teripang. Tapi diharapkan untuk bijak dalam memilih jenis pengobatan atau obat yang berasal dari teripang.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *