Mengenali Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Infeksi saluran kemih, memang biasa terjadi pada pria maupun wanita. Namun pada pria sepertinya penyakit ini lebih sering terjadi walaupun sebenarnya yang lebih rentan terkena pada wanita. Pada postingan sebelumnya tentang Obat Yang Bagus Untuk Sakit Kencing Pria Dan Wanita, dimana sakit kencing ini salah satu penyebabnya adalah infeksi saluran kemih. Namun kali ini, disini saya akan bahas sedikit lebih lengkap mengenai infeksi saluran kemih pada pria.

Gejala awalnya dari infeksi saluran kemih ditandai dengan air kencing yang berwarna lebih keruh dari biasanya, lalu adanya dorongan yang lebih banyak untuk selalu buang air namun sayangnya pada saat dilakukan justru air kencing yang keluar tidak sebanyak yang kita kira dan memiliki bau busuk.

Mengenali Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria
Adapun beberapa penyebab yang terjadi dan mengakibatkan infeksi saluran kemih terbagi kedalam beberapa faktor, diantaranya :

1. Penyumbatan saluran kemih.

Tersumbatnya aliran urin dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih menjadi terlambat, akhirnya menyebabkan infeksi saluran kemih. Hambatan tersebut dapat terjadi akibat beberapa penyebab, diantaranya pembesaran prostat, batu ginjal, tumor hingga kanker.

2. Aktifitas seksual.

Akibat dari tekanan pada saluran kemih selama ‘berhubungan’ juga beresiko memindahkan bakteri di saluran cerna ke kandung kemih. Biasanya tubuh dengan sendirinya dapat menyingkirkan patogen ini dalam waktu 24 jam. Namun jika jumlah bakteri terlalu banyak, maka bisa-bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Maka dari itu sebaiknya berhati-hati terutama pada pengantin baru.

3. Pemakaian kondom.

Pemakaian kondom lateks beresiko menyebabkan peningkatan iritasi dikarenakan lamanya gesekan selama berhubungan suami istri. Tentu saja hal ini juga tak luput menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Penggunaan kondim selama ini hanya bersifat mengurangi penyebaran penyakit infeksi menular seksual.

Pencegahan infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya minum air putih seperti yang dianjurkan yaitu 8 gelas perhati, tidak menahan keinginan untuk buang air kencing, menghindari pemakaian celanan ketat dan mandi dengan air yang mengalir.

Semoga bermanfaat, salam!

Mengenali Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *