Mengenali Penyebab Utama Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah keadaan yang bisa terjadi pada siapapun, namun lebih banyak terjadi pada orang dewasa dan orang tua lainnya yang beresiko. Hal tersebut disbebabkan oleh kondisi tubuh mereka yang sudah tidak lagi memiliki struktur kuat seperti orang-orang usia muda, dan masa pertumbuhan mereka bersifat tetap, dan hanya mengalami perbaikan-perbaikan saja.

Mengenali Penyebab Utama Sakit Pinggang

Sakit pinggang menyebabkan nyeri pada tingkat parah yang terasa sangat sakit pada sekitaran pinggang. Umumnya, gejala sakit pingga ng pada orang-orang ditandai dengan rasa nyeri dan kesemutan di sekitaran pinggang, terutama bagian tulang belakang. Terbatasnya pergerakan tulang belakang saat duduk maupun bersandar, jika dibiarkan terlalu lama dapat membuat perubahan pada postur tubuh itu sendiri.

Dan berikut adalah beberapa hal yang dijadikan penyebab utama sakit pinggang.
  • 1. Akibat adanya cedera di persendian.

Dalam kasus cedera sendi biasanya terjadi pada orang dewasa khususnya lanjut usia. Hal ini disebabkan karena bagian sendi pada bagian tulang belakang mendapat tekanan dari tulang rawan, hingga merubah posisi saraf tulang belakang. Kondisi ini terjadi akibat tubuh terlalu mengangkat beban yang sangat berat dan adanya salah gerak saat menjalani aktifitas.

2. Akibat kelainan postur tubuh sejak lahir.

Sebagian kelainan pada postur tubuh seperti kiposis, lordosis dan skoliosis, juga berdampak pada terjadinya sakit pinggang yang terjadi secara terus-menerus, dan semakin parah jika dibiarkan tanpa bantuan penganan medis. Kondisi bawaah sejak lahir ini sebenarnya bisa ditangani sedini mungkin jika telah diketahui sejak awal.

3. Akibat kondisi penyempitan tulang belakang.

Penyempitan tulang belakang merupakan kondisi dimana saraf tulang belakang mendapat banyak tekanan dari tulang belakang itu sendiri akibat posisinya yang tidak normal, dan penekanan yang terjadi menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada sekitar pinggang.

4. Indikasi penyakit ginjal.

Adanya indikasi penyakit ginjal pada seseorang juga dikaitkan menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Pada kasus sakit gagal ginjal akut, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit sekitar pinggang menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan ginjal tidak berfungsi dengan baik, dan menyebabkan penyaringan cairan pada tubuh tidak berjalan dengan normal. Akibatnya, cairan elektrolit pada tubuh menjadi tidak seimbang.

5. Obesitas.

Sakit pinggang juga beresiko terjadi pada orang-orang yang mengalami Obesitas / kelebihan berat badan. Kondisi ini terjadi akibat berat badan memberikan tekanan besar untuk semua bagian otot tubuh dan persendian, tak terkecuali pada tulang bagian belakang.

6. Penyakit Osteoporosis.

Penyakit Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang, akibatnya dari kondisi ini menyebabkan tulang rapuh dan lemah sehingga tidak dapat menjalani fungsinya lagi secara normal. Dalam kasus-kasus tertentu, Osteoporosis lebih banyak menyerang kaum perempuan terutama yang telah mengalami menopause. Perubahan hormon tubuh akibat Menoupose melemahkan fungsi kalsium pada tubuh akibatnya memicu sakit pinggang yang berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *