Mengenali Perbedaan Antara Pusing Dengan Sakit Kepala

Banyak dari kita menganggap jika pusing dan sakit kepala keduanya sama. Namun, jelas keduanya berbeda. Apa yang membuatnya berbeda?

Mengenali Perbedaan Antara Pusing Dengan Sakit Kepala

Dilansir laman doktersehat, pakar kesehatan menyebut jika Pusing adalah keadaan dimana kita merasakan sensasi kehilangan keseimbangan tubuh. Pusing ini terbagi kedalam light headedness atau merasa ‘kliyengan’, dan vertigo, yaitu pusing yang terasa berputar.

Pusing kliyengan ini membuat kita yang merasakannya terasa ingin pingsan, tubuh melemah, mual-mual, terasa tidak dapat menyeimbangkan tubuh. Berbeda dengan vertigo, pusing akibat vertigo membuat Anda merasakan pandangan yang berputar dan kemudian memicu rasa mual, muntah, hingga hilangnya keseimbangan tubuh. Penyebab dari pusing umumnya meliputi migrain (sakit kepala sebelah, Hipotensi, Anemia, kadar gula rendah atau Hipoglikemia, infeksi pada telinga dalam, dehidrasi, stress psikis dan gangguan kecemasan.

Sedangkan pada sakit kepala, biasanya yang dirasakan adalah nyeri / sakit di bagian kepala secara keseluruhan atau sebagian saja. Pada banyak kasus sakit kepala bisa sampai membuat sakit yang teramat sangat seperti kepala tertekan benda berat. Kondisi ini bisa datang dengan perlahan ataupun tiba-tiba. Dalam medis, sakit kepala dibagi kedalam 2 jenis, yait usakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer termasuk migrain, sakit kepala tension, juga sakit kepala cluster. Sementara, pada sakit kepala sekunder kemunculannya terjadi karena infeksi, tumor dan penyakti lainnya. Hanya saja, sakit kepala jenis ini bisa terjadi pada seseorang yang kurang tidur, mereka yang mengalami benturan di kepala, infeksi mulut atau gigi, sinusitis, infeksi pada saluran pernapasan lannya atau kebiasaan buruk seperti minum alkohol.

Semoga bermanfaat, salam.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *