Mengetahui Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Saat seseorang kemudian mengalami kondisi BAB (buang air besar) disertai keluarnya darah, kondisi ini bisa jadi lebih serius dari yang diduga. Untuk itu sebaiknya kita segera melakukan pemeriksaan jika bab berdarah terjadi dalam waktu yang tidak sebentar.

Mengetahui Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Sebagai pengetahuan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Dilansir laman klikdokter, berikut adalah penyebab buang air besar berdarah, diantaranya :

— Masalah di esofagus.

Esofagus merupakan robekan yang terjadi pada kerongkongan dan berpotensi menyebabkan perdarahan. Hal tersebut mungkin saja jadi memicu terjadinya buang air besar berdarah.

— Gastritis.

Peradangan yang terjadi pada lambung diakibatkan produksi asam lambung berlebih lama kelamaan dapat menyebabkan pendarahan pada lambung. Lebih dari itu, kemungkinan lainnya adalah menyebabkan kerusakan pada lapisan dinding lambung dan akhirnya memicu timbul luka atau dikenal sebagai tukak lambung.

— Hemoroid.

Termasuk penyebab yang sering terjadi dari buang air besar berdarah. Hemoroid atau wasir atau ambeien, ditandai dengan pembuluh darah di sekitar anus yang membesar dan rentan menimbulkan pendarahan.

— Polip atau kanker.

Polip termasuk jenis tumor jinak yang tumbuh, berdarah dan jika semakin parah berpotensi menjadi Kanker. Namun sayangnya, seringkali darah pada feses tidak terlihat bahkan pada kondisi yang telah berkembang menjadi kanker kolorektal.

— Kolitis.

Termasuk peradangan yang terjadi pada usus besar dan rektum yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami diare dengan feses bercampur darah. Umumnya, darah yang terdapat pada feses berasal dari peradangan yang terjadi di bagian dinding usus.

— Penyakit divertikular.

Divertikula adalah tonjolan berbentuk kantung kecil yang tumbuh di dinding usus besar. Umumnya divertikula tidak menimbulkan masalah serius, namun jika terjadi infeksi dan peradangan (divertikulitis), akibatnya berdampak pada buang air besar berdarah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *