Mitos Dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kolesterol

Kolesterol mungkin lebih banyak diketahui sebagai hal yang harus dihindari oleh sebagian besar orang-orang.Namun mereka hanya melihat dari sebelah sisi saja. Padahal Kolesterol sama dengan nutrisi lainnya, ada bersifat baik untuk tubuh asal tidak berlebihan.

5 Fakta dan Mitos dibawah ini semoga dapat menjawab penasaran Anda tentang seberapa penting dan bahayanya Kolesterol. Berikut ulasan selengkapnya.

Mitos Dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kolesterol
1. Mitos : Setelah meminum obat antikolesterol, kadar kolesterol dalam tubuh Anda akan normal, sehingga obat tak lagi dibutuhkan.
Fakta : Tidak semudah itu, sebab kolesterol dalam darah bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Sehingga, jika metabolisme tubuh tidak baik, maka dibutuhkan pola hidup sehat juga untuk mengontrol jumlah Kolesterol.

2. Mitos : Jika dokter tidak pernah berbicara tentang kolesterol saat Anda test kesehatan, maka tidak perlu khawatir.
Fakta : Sayangnya, ketika Kolesterol dalam tubuh naik dan terus tinggi, kondisi ini bahkan tidak menimbulkan gejala yang signifikan sehingga jarang sekali orang yang memeriksakan kadar kolesterolnya. Untuk itu sangat diperlukan kesadaran dari diri sendiri untuk rutin memeriksakan kesehatan. Semakin cepat kondisi ganggguan kesehatan diketahui,  semakin cepat pula gangguan tersebut ditangani.

3. Mitos : Orang gemuk pasti memiliki jumlah kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan orang yang kurus.
Fakta : Tidak juga, sebab, kadar kolesterol tidak dipengaruhi oleh bentuk tubuh Anda yang gemuk atau kurus, Kolesterol justru dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti makanan apa yang Anda makan, seberapa cepat Anda memproduksi dan membuang kolesterol serta kebiasaan hidup.

4. Mitos : Kadar Kolesterol tinggi tidak terlalu berbahaya, karena tidak menimbulkan gejala.
Fakta : Meskipun tidak memiliki gejala yang signifikan namun Kolesterol bisa menjadi sangat berbahaya karena dapat membuat dinding pembuluh darah tersumbat dan akhirnya memicu penyakit jantung koroner. Sekitar 40% kematian mendadak terjadi akibat serangan jantung karena pengaruh dari tingginya kadar Kolesterol.

5. Mitos : kadar Kolesterol tinggi hanya pada orang yang sudah berumur (lansia) saja.
Fakta : Dengan melihat kemajuan zaman seperti sekarang, kebiasaan anak dan remaja yang lebih suka dirumah dengan gadgetnya, konsumsi junk food berlebih dan jarang berolahraga justru dapat menyebabkan kadar Kolesterol naik. Pembentukan plak pada pembuluh darah pernah dijumpai pada anak-anak dan kejadiannya meningkat seiring dengan bertambahnya usia anak.

Baca juga : Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Ibu Menyusui

Mitos Dan Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kolesterol |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *