Mood Swing Menjelang Menstruasi

Apakah berbahaya mengalami mood swing menjelang menstruasi?,- Salah satu tanda-tanda masa menstruasi mendekat, adalah perubahaan mood atau suasana hati yang tidak menentu. Apakah kondisi ini tidak berbahaya?

Dilansir dari laman klikdokter, disebutkan jika perubahan suasana hati / mood swing saat menjelang menstruasi sangat normal terjadi. Rasa sedih, marah, kemudian tertawa tiba-tiba dan menjadi lebih sensitif karena hal kecil sekalipun.

Mood Swing Menjelang Menstruasi

Apakah berbahaya mengalami mood swing menjelang menstruasi?

Penyebab mood swing ternyata dipengaruhi oleh kadar hormon Estrogen yang meningkat di dalam tubuh. Kondisi ini mencapai puncaknya pada 14 hari sebelum siklus menstruasi berikutnya terjadi.

Karena kondisi ini cukup menganggu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan, Diantaranya :

  • Rajinlah berolahraga.

Olahraga yang dilakukan dengan rutin dan teratur setiap hari akan membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Tidak hanya itu, aktivitas yang dianjurkan minimal 3 kali dalam seminggu ini juga dapat meningkatkan endorfin alias hormon yang memberikan perasaan senang dan bahagia.

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Menjelang menstruasi, sebaiknya mulailah untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Seperti sayur dan buah, serta asupan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.

  • Mencukupi kebutuhan Kalsium dan Vitamin D.

Kalsium dan Vitamin D yang tercukupi dalam tubuh mampu mengurangi tingkat keluhan yang terjadi menjelang menstruasi. Anda dapat mengonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, keju, dan jus jeruk untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tersebut.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cara termudah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yaitu dengan minum 8 gelas air putih setiap hari.

  • Hindari Kafein.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts, dengan mengurangi atau lebih baik menghindari asupan kafein dapat membantu mengurangi keluhan sakit di payudara dan perut kembung yang sering terjadi menjelang menstruasi.

  • Istirahat cukup.

Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidur kira-kira 8 jam dalam sehari. Hal ini akan membuat daya tahan tubuh lebih baik, sehingga keluhan yang terjadi menjelang waktu menstruasi tidak terlalu parah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.