Muncul Flek Darah Diluar Siklus Menstruasi

Menstruasi pada wanita yang ditandai dengan keluarnya flek darah yang disusul dengan pendarahan. Hal ini normal saja terjadi pada wanita. Akan tetapi, saat flek darah kemudian muncul diluar siklus menstruasi seperti biasa, patutkah Anda sebagai wanita merasa khawatir?

Flek darah yang muncul diluar silus menstruasi terjadi secara acak, dan bisa terjadi pada wanita dalam kondisi apapun. Akan tetapi, flek juga membawa kekhawatiran tersendiri. Namun, dalam sebagian besar kasus Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan bercak darah flek yang menodai pakaian dalam Anda.

Muncul Flek Darah Diluar Siklus Menstruasi

Mengenal flek darah diluar siklus Menstruasi.

Perdarahan yang terjadi selama menstruasi, mungkin memang mirip dengan jenis pendarahan lainnya, namun tentu saja berbeda. Apa yang terlihat di permukaan pembalut saat seorang wanita dalam masa menstruasi, adalah flek darah dengan campuran dari pembuangan darah asli, juga jejak jaringan dinding rahim yang rontok saat pembuahan sel telur yang diharapkan tidak terjadi.

Warna dari darah menstruasi bisa diindikasikan seberapa cepat darah mengalir dari pembuluh darah yang terbuka di dinding rahim. Biasanya, warna darah menstruasi dua tingkat lebih gelap dari perdarahan biasa. Semakin gelap warna darah menstruasi (mulai dari merah tua hingga kecoklatan) menunjukkan darah yang berusia sedikit lebih tua atau alirannya yang lambat. Darah menstruasi juga terkadang berwarna darah segar (merah cerah) akibat laju perdarahan yang cepat dan baru saja terjadi.

Pada darah menstruasi, terkadang memiliki tekstur yang lebih kental, berat, lama mengering, daripada jaringan darah yang menggumpal (membeku) yang ikut mengalir bersama darah asli. Pada bercak flek darah nonmenstruasi, volumenya jauh lebih sedikit (hanya 1-2 tetes darah yang mudah mengering) dan biasanya akan meninggalkan noda.

Flek (bercak) darah yang tidak berkaitan dengan siklus menstruasi dan ovulasi bisa jadi sebuah ‘alarm’ tubuh untuk mewaspadai jika ada aktifitas negatif yang sedang berlangsung dalam tubuh. Flek darah dapat terjadi 1 – 2 hari sebelum memasuki siklus menstruasi, setelah menstruasi selesai, atau pada waktu yang tak terduga.

Waspadai munculnya flek darah diluar siklus menstruasi.

Dalam beberaa kasus, kemunculan flek darah diluar siklus menstruasi memang harus diwaspadai, terkait beberapa kondisi dan tanda-tanda pendarahan dalam mempertimbangkan kondisi-kondisi berikut ini.

  • Perdarahan vagina yang berlebihan, berlangsung lebih dari 3 hari.
    Bercak ringan yang terus terjadi selama setidaknya 3 siklus menstruasi.
  • Flek dengan pola yang berbeda dari pola perdarahan vagina Anda biasanya.
  • Flek yang timbul lebih sering dari 3 minggu sekali.
  • Perdarahan berat segera setelah seks.
  • Perdarahan vagina setelah menopause usai.

Jika kondisi pendarahan tersebut terjadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda pemeriksaan ke dokter Anda.

Semoga bermanfaat.

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *