Bagaimana Penjelasan Dokter Tentang Melinjo Penyebab Asam Urat?

Info Kesehatan,- Selama ini beredar informasi yang menyatakan jika Melinjo atau bahan utama dalam kerupuk Emping, ataupun campuran di sayur asam adalah penyebab asam urat. Walaupun rasanya nikmat, namun banyak yang menghindarinya, sebab Melinjo dikatakan sebagai pencetus tingginya asam urat.

Bagaimana Penjelasan Dokter Tentang Melinjo Penyebab Asam Urat?

Melinjo, yang memiliki nama latin Gnetum gnemon Linn ini berdasarkan penelitian dari data kesehatan memang memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah sejenis protein yang terdapat pada tubuh manusia dan hewan. Purin yang masuk kedalam tubuh akan dimetabolisme menjadi asam urat. Jika kadar asam urat normal, asam urat ini akan dikeluarkan tubuh melalui urin. Akan tetapi, jika kadar asam urat di dalam tubuh sudah tinggi / lebih dari normal, asam urat dapat mengendap dan menjadi pemicu beragam penyakit.

Salah satu penyakit yang terjadi akibat asam urat tinggi adalah Artritis Gout. Artritis Gout adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya bengkak dan kemerahan pada sendi. Beberapa sendi yang sering terkena dampak dari Artritis Gout adalah sendi jari tangan, sendi jari kaki, lutut juga pergelangan kaki.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan komplikasi berbahaya diantaranya sendi mengalami kerusakan secara permanen, menimbulkan kelainan pada bentuk struktur tubuh yang terkena Artritis Gout hingga kesulitan berjalan.

Jadi kesimpulannya, Melinjo dapat menyebabkan asam urat memang tidak salah. Jika tidak ingin terkena dampak dari kondisi ini, konsumsi Melinjo hanya sesekali saja, dan jangan setiap hari.

Semoga bermanfaat.

Baca artikel kesetan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *