Penyakit Kelainan Kulit Darah Manis Atau Prurigo

Pernah mendengar sebelumnya tentang kelainan pada kulit yang disebut darah manis? Atau pernah mengalaminya? Darah manis, bukan berarti semata-mata memiliki darah yang rasanya manis, hanya saja ini adalah kondisi kelainan kulit yang bernama Prurigo (dalam istilah medis) namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai darah manis.

Penyakit Kelainan Kulit Darah Manis Atau Prurigo

Pengertian Darah Manis atau Prurigo.

Prurigo termasuk kelainan kulit yang bisa dialami siapapun dari segala usia, namun lebih umum terjadi pada orang-orang berusia 20 sampai 60 tahun. Penyebab Prurigo sendiri tidak dietahui. namun para ahli menimang dari beberapa faktor yang diduga berpengaruh terhadap kondisi ini. Apa saja faktor-faktor tersebut?

— Faktor eksternal, yang berasal dari gigitan serangga, kontak langsung dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
— Faktor internal yang meliputi stress emosional dan faktor psikologis lainnya.
— Faktor hormon / endokrin.
— Alergi makanan dan obat.
— Infeksi, biasnaya akibat tonsilitis dan sinusitis kronik.
— Anemia kekurangan zat besi, serta
— 80% penderita prurigo memiliki riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Umumnya mereka yang menderita Prurigo atau darah manis ini memang memiliki kecenderungan alergi. Kulit yang fungsinya sebagai salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Dengan seorang yang memiliki alergi, mereka memiliki kulit kering sehingga cenderung lebih rentan terhadap infeksi.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Memilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer.
  • Selalu menggunakan pelembab pada tangan.
  • Sebaiknya hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena malah membuat kulit semakin kering.
  • Jagalah selalu area kulit yang gatal dari garukan atau gesekan.
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi bagian lengan dan tungkainya, gunakan pakaian yang bahannya menyerap keringat dengan baik. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Rekomendasi Obat Herbal Untuk Penyakit Prurigo

Pengobatan biasanya akan diberikan obat oles seperti CTM, loradatin dan lainnya sesuai anjuran dan dosis yang disarankan dokter. Namun yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan kulit Anda agar Prurigo tidak kambuh kembali. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka yang ditimbulkan biasanya menghilang secara perlahan.

Penyakit Kelainan Kulit Darah Manis Atau Prurigo |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *