Penyebab Badan Kurus Dan Cara Tepat Mengatasinya

Permasalahan berat badan kerap menjadi masalah kesehatan yang bisa dialami siapapun, tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Jika Anda berpikir bahwa hanya orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih saja yang bermasalah, Anda salah. Justru, mereka yang terlihat kurus, lebih kecil dan terlihat lemas, bisa jadi mereka mengalami kondisi gizi tidak sehat / gizi buruk.

Penyebab Badan Kurus Dan Cara Tepat Mengatasinya

Ada berbagai faktor penyebab mengapa seseorang bisa mengalami kekurangan gizi, diantaranya faktor keturunan, kurang asupan nutrisi dan gizi penting untuk tubuhnya sendiri, juga ada kaitannya dengan kondisi medis yang berkaitan dengan penyakit tertentu.

Dikutip dari laman alodokter, jika faktor penyebab badan kurus bisa membuat kesehatan Anda memburuk. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh yang ikut melemah, kelemahan pada tulang dan rentan osteoporosis, mengalami anemia, kekurangan energi hingga masalah kesuburan. Cara tepat untuk menentukan apakah berat badan termasuk kategori underweight, atau tidak sehat dengan melakukan perhitungan indeks massa tubuh atau BMI.

Penyebab badan kurus.

Lebih spesifik lagi tentang penyebab badan kurus, diantaranya :

  • Fakto genetik atau keturunan.

Jika sejak lahir sampai dewasa memiliki postur tubuh kurus, atau jika orang tua dan keluarga Anda berpostur kurus, sangat mungkin yang Anda alami adalah berdasarkan faktor keturunan berbadan kurus. Sebagian orang memang terlahir dengan metabolisme lebih tinggi dari biasanya, yang kemudian menyebabkan seseorang memiliki badan kurus. Jika dilihat dari segi medis, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari hal ini.

  • Aktivitas fisik yang cenderung tinggi.

Aktivitas fisik seperti berolahraga yang terlalu sering, lalu pekerjaan berat juga bisa jadi pengaruh besar terhadap perubahan berat badan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas fisik.

  • Kondisi medis tertentu.

Kondisi medis seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif, gangguan pencernaan, penyakit Diabetes, hingga kanker adalah sebagian dari kondisi meds yang mengakibatkan penurunan berat badan dan menyebabkan badan kurus. Diet ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan kurus karena kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh.

  • Obat-obatan tertentu.

Sebagian besar obat-obatan yang diresepkan dokter dapat menyebabkan mual dan penurunan berat badan. Selain itu, kemoterapi juga membuat mereka yang menjalaninya cenderung mengurangi nafsu makan dan memperburuk penurunan berat badan akibat sakit.

  • Gangguan psikologis.

Kesehatan mental jdapat menjadi salah satu faktor penyebab badan kurus. Stres, depresi, gangguan makan, dan masalah emosional dapat memengaruhi kebiasaan hingga nafsu makan yang akhirnya berdampak pada penurunan berat badan.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *