Penyebab Batuk Yang Jarang Diketahui

Batuk umumnya terjadi akibat infeksi virus yang terjadi pada seseorang dan biasanya akan reda dengan sendirinya. Batuk juga dikelompokkan sebagaimana berdasarkan lama dari batuk tersebut terjadi.

Penyebab Batuk Yang Jarang Diketahui

Pertama adalah batuk akut.

Batuk akut adalah jenis batuk yang umum terjadi pada orang-orang dan disebabkan oleh infeksi vieus di saluran pernafasan atas atau bawah. Jika infeksi di saluran atas biasanya terjadi akibat flu, laringitis, sinusitis dan batuk rejan. Infeksi tersebut menyerang tenggorokan, batang tenggorokan dan sinus (rongga di hidung). Sedangkan infeksi saluran pernafasan bawah adalah bronkitis dan pneumonia.

Selain infeksi, penyebab dari batuk akut juga dipicu oleh penyakit kronis seperti asma, PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik dan bronkitis kronis, rhinitis alergi, debu dan asap.

Kedua adalah batuk kronis.

Batuk kronis termasuk jenis batuk yang jarang terjadi pada banyak orang, namun jika seseorang menderita jenis batuk ini bisa dipastikan kondisi kesehatannya lebih serius. Penyebab seseorang mengalami batuk kronis diantaranya adalah embolisme pulmonal, TB atau Tuberkulosis, kanker paru-paru bahkan gagal jantung.

Batuk kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa, dan batuk yang berkepanjangan pada orang dewasa ini diketahui penyebabnya yaitu :

  • Efek dari konsumsi obat-obatan penurun hipertensi dan jantung.
  • Kebiasaan merokok, apalagi mereka yang merokok juga bisa mengalami gejala PPOK.
  • Akibat dari naiknya asam lambung yang mengiritasi di tenggorokan.
  • Infeksi saluran pernafasan jangka panjang; bronkitis krois.
  • Asma kronis, serta.
  • Postnasal drip, yaitu lendir yang menetes dari bagian belakang hidung ke tenggorokan yang disebabkan alergi seperti Rhinitis.

Baca juga : Mengatasi Mual Pada Penderita Tipes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *