Penyebab Gangguan Penglihatan Pada Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit sistemik, dimana akan terjadi komplikasi serius dikarenakan penyakit tersebut. Salah satu komplikasi yang terjadi akibat tubuh yang kehilangan kontrol untuk mengatasi gula darahnya adalah pada penglihatan penderita Diabetes. Ya, akibat penyakit Diabetes banyak diantara para penderitanya yang mengalami kondisi tersebut.

Salah satu dokter spesialis mata konsultan vitreo-retina mengatakan jika telah banyak pasien yang sudah lama terkena penyaki Diabetes dan mengalami gangguan pada retina mata yang disebut Retinopati Diabetik. Gangguan pada retina tersebut terjadi akibat gula darah yang tidak terkontrol tadi mulai merusak pembuluh darah mata. Selain itu, dengan gangguan pada kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa memicu proses terjadinya gangguan tersebut.

Penyebab Gangguan Penglihatan Pada Penderita Diabetes

Artikel terkait Diabetes : Daftar Makanan Yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Pembuluh darah retina bisa mengalami kebocoran atau tersumbat sehingga menyebabkan kekurangan oksigen. Akibatnya, kerusakan retina terjadi dan sampai ke makula. Makula adalah daerah dekat pusat retina mata yang peka terhadap cahaya dan menjadi kunci ketajaman penglihatan. Adapun penyakit mata yang terjadi diakibatkan mokula yang rusak / terjadi masalah disebut dengan edema makula diabetik, atau diabetic macular edema. Jika sudah terjadi biasanya gejala yang berdampak pada penderitanya selain penglihatan yang kurang tajam, juga muncul bercak gelap pada penglihatan penderitanya. Jika tidak segera ditangani, kebutaan bisa saja terjadi.

Baca juga : QnC Jelly Gamat Rekomendasi Obat Rematik Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *