Penyebab Ibu Hamil Sering Pipis Atau Beser

Salah satu keluhan yang banyak dialami wanita hamil adalah beser atau seringnya buang air kecil. Apakah beser ini adalah hal yang normal? Dan apa sebenarnya yang menjadi penyebab beser tersebut? Berikut kami rangkumkan untuk Anda.

Penyebab Ibu Hamil Sering Pipis Atau Beser

Penyebab Ibu Hamil Sering Pipis Atau Beser

Pada saat hamil, tidak sedikit dari calon ibu yang mengalami kesulitan dalam mengontrol kandung kemihnya. Ada yang sebentar-sebentar ingin buang air kecil, ada yang sampai tidak kuat menahan sampai-sampai ketika bersin, batuk dan tertawa tiba-tiba saja mengompol.

Ternyata beser atau dalam istilah medis disebut Inkontinensia memang kondisi yang umum dijumpai pada wnaita hamil. Hal ini dikarenakan buruknya kontrol dari kandung kehamilan. Selama masa kehamilan, tempat yang biasa digunakan untuk menyumpan urin menjadi lebih kecil dan justru menyulitkannya untuk menghentikan aliran urin. Akibatnya, mengompol tidak bisa ditahan.

Kandung kemih yang terlalu aktif juga disebut-sebut sebagai salah satu alasan dibalik terjadinya Inkontinensia selama masa kehamilan. Maka dari itu, wanita hamil tidak perlu panik mengalami beser saat kehamilan.

Seperti dilansir lama detikhealth, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya :

  • Mengikuti latihan kegel setiap hari. Kegel sangat direkomendasikan oleh para ahli dan minimal melakukan 3 set latihan masing-masing yang terdiri dari 15 gerakan dalam sehari.
  • Melakukan aktifitas fisik. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter tentang bagaimana harus melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga yang aman selama kehamilan. Mengontrol berat badan dapat mengambil tekanan dari kandung kemih selama kehamilan.
  • Silangkan kaki ketika merasa perlu untuk batuk atau bersin guna mencegah terjadinya kebocoran urin atau mengompol.
  • Lakukan kebiasaan untuk minum 8 gelas perhari, jika menguranginya justru malah akan membuat rentan terhadap infeksi saluran kemih dan dehidrasi.
  • Menghindari makanan dan minuman yang berpotensi mengiritasi kandung kemih seperti minuman ringan, kopi dan alkohol.

Itu dia informasi seputar Penyebab Ibu Hamil Sering Pipis Atau Beser, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.