Penyebab Keputihan Kental Dan Deras

Keputihan termasuk kondisi wajar yang terjadi pada perempuan, bahkan perempuan hamil. Tidak mengherankan jika hampir semua perempuan telah mengenal kondisi ini.

Penyebab Keputihan Kental Dan Deras

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah saat keputihan yang dialami berbeda dari biasanya. Keputihan yang membuat tidak nyaman bisa jadi tanda bahwa kondisi kesehatan tubuh sedang bermasalah.

Dikutip dari laman vemale.com, diketahui jika Keputihan adalah cara alami dari area kewanitaan (Miss V) untuk mengeluarkan kotoran sera membersihkan dirinya sendiri. Biasanya, kepuihan kemunculannya ditandai dengan kelaurnya sejumlah cairan berwarna putih / bening normal. Namun, beberapa kondisi yang menandakan adanya masalah kesehatan menyebabkan cairan keputihan berbeda, bisa menjadi lebih pekat (dalam warnanya), kental dan deras hingga menyebabkan gatal dan berbau menyengat.

Keputihan tersebut bisa merupakan tanda-tanda dari gangguan penyakit, diantaranya :
  • Infeksi Jamur.

Penyebab dari keputihan yang muncul terlalu deras dan kental adalah infeksi jamur. Infeksi ini bisa terjadi karena kebersihan Miss V tidak maksimal. Infeksi jamur juga bisa muncul akibat kebiasaan buruk seperti malas ganti celana dalam, celana dalam terlalu ketat serta Miss V sangat lembab.

  • Masa subur (Ovulasi).

Mengalami keputihan yang deras dan kental tidak hanya sebagai risiko terserang penyakit. Kondisi ini bisa saja terjadi karena tubuh sedang berada dalam fase ovulasi atau masa subur. Di samping itu, keputihan ini juga terjadi karena kamu konsumsi makanan yang menyebabkan produksi cairan penyebab keputihan di rahim meningkat seperti halnya mentimun.

  • Infeksi penyakit melular seksual.

Penyebab pertama dari keputihan tak normal adalah Infeksi penyakit melular seksual. Hal ini umumnya diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat, sering berganti pasangan tanpa menggunakan alat pengaman.

  • Penggunaan alat kontrasepsi.

Bagi wanita yang sudah menikah dan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, ini juga sangat mungkin mengalami keputihan yang berlebihan. Umumnya, mereka yang mengalami keputihan kental dan deras adalah mereka yang hormon tubuhnya tidak cocok dengan alat kontrasepsi yang digunakan. Jika mengalami hal ini, konsultasikan masalah ini dengan bidan atau dokter ahlinya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *