Penyebab Mengantuk Dan Lelah Sepanjang Hari

Apakah Anda merasa seharian ini mengantuk terus padahal tidur pada jam biasa dan tidak begadang! Biasanya kan orang-orang yang begadang sepanjang malam, paginya berlanjut siang masih wajar kalau mengantuk terus.

Nah ternyata, mengantuk sepanjang hari tidak hanya disebabkan oleh begadang saja lho, ada faktor lain yang mempengaruhi Anda terus-terusan mengantuk sepanjang hari selain faktor begadang tadi. Apa saja?

Penyebab Mengantuk Dan Lelah Sepanjang Hari
1. Anemia.

Penyebab Anda merasa mengantuk sepanjang hari selain begadang semalaman ternyata disebabkan oleh Anemia. Anemia adalah kekurangan darah yang biasanya menjadi penyebab ngantuk berlebihan. Biasanya kondisi ini lebih banyak terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Pada saat menstruasi inilah para waniat akan kekurangan zat besi yang berguna sebagai ‘pengantar’ oksigen keseluruh tubuh. Karena kurangnya zat besi tersebut, tubuh akhirnya kekurangan banyak tenaga dan berdampak pada mengantuk berlebihan saat menstruasi.

2. Kekurangan cairan tubuh / Dehidrasi.

Anda bisa mengalami Dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan tubuh. Biasanya hal ini biasa terjadi pada mereka yang selesai berolahraga. Tapi tidak jarang terjadi bahkan pada mereka yang hanya duduk diam di depan komputer sembari bekerja, belajar dan lainnya. Selain membuat tubuh menjadi terasa lemah dan lesu, akibat Dehidrasi ini terkadang akan membuat kita mengantuk sepanjang hari. Jadi, pastikan kita memperoleh asupan cairan dan air minum yang cukup.

3. Depresi.

Penyebab yang ketiga mengapa Anda mengantuk seharian adalah karena depresi. Depresi dianggap sebagai salah satu gangguan emosi yang berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh. Depresi juga menyebabkan semangat dalam diri seseorang menurun dan akhirnya tercipta rasa malas dalam melakukan banyak hal seperti malas pergi sekolah/kerja, malas berfikir bahkan malas makan. Selain itu rasa ngantuk yang lebih sering terjadi akibat malas tadi cukup sulit dihilangkan.

3. Alergi.

Sebagian dokter menyatakan jika Alergi termasuk salah satu reaksi yang berakibat pada perasaan mengantuk yang berlebihan.

4. Mengantuk setelah makan.

Terkadang setelah makan tubuh tiba-tiba saja lemas dan mengantuk. Hal ini bisa saja terjadi pada Anda yang terlalu makan dalam porsi terlalu banyak. Jadi, jika masih punya aktifivitas yang harus dikerjakan lagi sebaiknya makan secukupnya ya, agar tidak jadi mengantuk.

5. Penyakit Jantung.

Perasaan ngantuk yang terjadi bahkan ketika Anda sedang dalam aktivitas terjadi akibat jantung bermasalah. Jika tidak yakin atau ingin mengetahui penyebab dari mengapa akhir-akhir ini Anda merasa mengantuk bahkan karena tidak memiliki aktivitas yang berat segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Dari kami hanya terkumpul 5 poin tentang Penyebab Mengantuk Dan Lelah Sepanjang Hari. Jika Anda merasakan hal demikian, alangkah baiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter terdekat. Dan semoga artikel diatas dapat berguna untuk Anda, salam!

Baca juga : Efek Samping Setelah Konsumsi QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *