Penyebab Mulut Seringkali Terasa Asam

Mulut terasa asam bisa terjadi pada siapapun. Simak ulasan selengkapnya tentang penyebabnya dalam website Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami berikut ini.

Saat mulut Anda tiba-tiba merasakan asam, rasanya cukup menganggu benar? Saat mulut terasa asam, jangan diabaikan. Kondisi ini bisa jadi salah satu tanda ada yang terjadi pada kesehatan tubuh. Selain terasa asam, mulut juga bisa tiba-tiba seperti pahit (seperti logam), dan asin.

Penyebab Mulut Seringkali Terasa Asam

Khusus untuk penyebab mulut terasa asam, seperti yang dilansir dari laman klikdokter diantaranya :
  • Menurunnya kesehatan mulut.

Mulut asam dapat terjadi saat Anda mengalami radang gusi, peradangan pada tulang pendukung gigi (periodontitis), hingga infeksi gigi. Masalah mulut yang terjadi akibat masalah kesehatan tersebut menyebabkan gusi Anda berdarah setelah sikat gigi, sehingga Anda kemudian merasakan seperti ada rasa logam di mulut.

Radang gusi, Periodontitis, atau infeksi gigi bisa menyebabkan infeksi yang serius pada gigi dan gusi jika tidak segera mengatasinya. Rasa logam di mulut pun mungkin juga tidak akan hilang sebelum masalah gigi dan gusi ini terobati.

  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

GERD termasuk gangguan saluran cerna bagian atas yang terjadi akibat asam lambung meningkat. Cincin otot antara lambung dan kerongkongan menjadi tidak berfungsi dengan baik. Sehingga yang terjadi adalah isi lambung berbalik ke atas dan masuk ke kerongkongan. Dan salah satu gejala akibat kondisi ni adalah mulut asam.

  • Infeksi sinus.

Adanya masalah pada sinus di hidung menyebabkan hidung tersumbat, dan mulut terasa asam. Hal ini terjadi karena indera perasa dan indera penciuman yang saling berkaitan erat. Selain masalah sinus, flu dan pilek serta alergi juga dapat menyebabkan mulut terasa asam.

  • Kehamilan.

Mulut terasa asam juga bisa dirasakan pada ibu hamil. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat kehamilan. Kondisi ini masih dibilang normal terjadi di tahap awal kehamilan dan akan hilang seiring berjalannya waktu. Perubahan rasa pada lidah menyebabkan perubahan pada nafsu makan.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *