Penyebab Nyeri Punggung Bawah Saat Menstruasi

Kaum wanita pasti mengenal beberapa gangguan yang biasa terjadi saat akan atau sedang menstruasi. Yaitu masalah perut kembung, perut kram, dan munculnya jerawat. Sebagian lagi biasa mengalami nyeri punggung di bagian bawah dekat pinggul.

Penyebab Nyeri Punggung Bawah Saat Menstruasi

Menurut dokter Houman Danesh dari Mount Sinai Hospital, di New York yang menjelaskan pada wawancara Huffington Post, Sabtu (27/8/2016), mengatakan jika “Banyak orang mengalami nyeri punggung bawah saat menstruasi. Rasa nyeri ini terjadi akibat kontraksi rahim untuk melepaskan lapisan tebal yang dibentuk di rahim,” ungkapnya.

Setiap bulannya tubuh wanita membentuk sebuah lapisan rahim tebak sebaga bentuk persiapan telur untuk dibuahi. Jika tidak hamil, hormon progesterin dan estron akan menurun dengan sendirinya. Kondisi ini merupakan sebuah gambaran di dalam tubuh untuk melepaskan lapisan rahim tadi. Akan tetapi jika kontraksi yang terjadi di rahim terlalu kuat, sehingga menekan pembuluh darah di dekatnya dan akhirnya menyebabkan pasokan oksigen yang harusnya pergi ke otot-otot di sekitar rahim, menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab nyeri pada perut yang menjalan hingga punggung bagian bawah.

Jika kondisi nyeri punggung yang terjadi dirasa semakin memburuk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli atau bidan terdekat guna mengetahui kondisi sebenarnya.

Baca juga : Jenis Mioma Yang Menyebabkan Sulit Hamil

Penyebab Nyeri Punggung Bawah Saat Menstruasi |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *