Penyebab Siklus Menstruasi Memanjang

Menstruasi atau datang bulan, terjadi pada wanita dalam siklus yang berbeda-beda. Biasanya, kondisi yang umum berlangsung antara 20 hingga 35 hari, dengan durasi darah yang keluar berlangsung selama 2 sampai maksimal 8 hari. Akan tetapi, di sebagian kasus yang terjadi, siklus menstruasi seorang wanita bisa memanjang hingga lebih dari 35 hari. Tak ayal kondisi ini pun akhirnya membuat sebagian wanita gelisah. Nah, menurut medis kondisi ini dinamakan Oligomenorea.

Penyebab Siklus Menstruasi Memanjang

Oligomenorea merupakan gangguan yang terjadi akibat kadar hormon yang tidak seimbang pada aksis hipotalamus-hipofisis ovarium. Karena hormon inilah yang akhirnya mempengaruhi siklus menstruasi memanjang, yakni lebih dari 35 hari dengan pendarahan yang sama.

Selain itu, beberapa penyebab Oligomenorea yang umum terjadi karena beberapa kondisi seperti :
  • Stres dan depresi.
  • Olahraga berlebihan.
  • Penurunan atau peningkatan berat badan yang berlebihan.
  • Efek samping pil kontrasepsi.
  • Kelainan pada struktur rahim atau serviks.
  • Hormon tiroid yang tidak seimbang.
  • Adanya tumor yang melepaskan hormon estrogen berlebihan.
  • Gangguan indung telur seperti PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

Untuk mengetahui penyebab pastinya, harus dilakukan dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan secara menyeluruh. Pemeriksaan ini dilakukan melalui pemeriksaan bebeapa tahap mulai dari mengetahui siklus menstruasi, pemeriksaan darah dan pemeriksaan penunjang berupa USG abdomen.

Jika penderita gangguan Oligomenorea tidak segera mendapatkan penanganan atau berobat, kondisi ini tidak akan membaik dengan sendirinya. Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan memicu penyusutan kadar hormon estrogen dari dalam tubuh. Selain itu, bahaya dari Oligomenorea yang tidak segera diatasi akan berakibat pada defisiensi hormon estrogen. Hal ini nantinya akan memicu gejala penyerta, seperti penyusutan ukuran payudara, vagina kering, dan menurunnya libido.

Baca lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.