Penyebab Umum Seseorang Mengalami Sembelit

Sering mengalami sembelit atau susah buang air besar? Yuk ketahui penyebabnya.

Pada sebagian orang, penyebab susah buang air besar atau sembelit cukup sulit diketahui. Namun secara medis, ada beberapa faktor penyebab dari terjadinya sembelit ini. Diantara yang paling umum, adalah pola makan yang buruk, kehamilan, menunda-nunda keinginan buang air besar, pengaruh obat-obatan tertentu dan kondisi kelainan kesehatan.

Sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk berapa kalinya yang disebut normal dalam buang air besar sehari atau seminggu. Sebagian orang akan bab sebanyak 1-2 kali saja seminggu. Ada juga yang sampai bab hingga 3 kali sehari. Namun jika tidak bab dalam waktu 3 hari atau bahkan lebih, sudah dipastikan bahwa ini adalah gangguan kesehatan yang dinamakan sembelit dan harus segera mendapatkan penanganan.

Baca juga : Cari Obat Herbal Sembelit Yang Aman Untuk Semua Usia? Klik disini!

Penyebab Umum Seseorang Mengalami Sembelit

Berdasarkan website dokter online alodokter, berikut adalah beberapa kondisi umum yang menjadi penyebab seseorang mengalami susah buang air besar.

— Akibat pola makan yang buruk.

Kurangnya asupan serat, buah-buahan, sayur-sayuran, dan sereal, serta kekurangan cairan dapat menjadi pemicu mudahnya terjadi sembelit. Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk susu juga bisa menyebabkan susah buang air besar. Di samping itu, gangguan makan juga ikut berkontribusi terhadap terjadinya konstipasi. Orang dengan berat badan yang tidak ideal, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk, juga bisa faktor termudah lainnya Anda bisa mengalami kondisi ini.

— Kehamilan.

Sekitar 40% wanita hamil mengalami susah buang air besar selama kehamilan, terutama pada awal-awal kehamilan. Susah buang air besar ini terjadi karena tubuh ibu hamil yang memproduksi lebih banyak hormon progesteron dan efeknya dapat mengendurkan otot sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.

— Menunda-nunda keinginan untuk buang air besar.

Biasanya anak-anak ataupun orang dewasa terlalu enggan untuk pergi ke toilet untuk buang air besar ketika tidak berada dirumah, entah karena alasan takut, malu, tidak memiliki privasi untuk menggunakan toilet dll. Namun justru dengan menunda-nunda untuk buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya, justru beresiko mengundang sembelit. Dengan kata lain, bersegeralah kekamar mandi jika sudah ingin buang air.

— Pengaruh obat-obatan tertentu.

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dari dokter, terkadang memiliki efek samping menjadi sulit untuk buang air besar atau sembelit. Jenis obat-obatan yang biasanya menyebabkan kondisi ini adalah kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antipsikotik, antidepresan, obat-obatan diuretik, juga obat pereda nyeri yang kemungkinan bersifat candu, seperti kodein dan morfin. Selain itu, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti alumunium antasida, juga menyebabkan sembelit pada mereka yang mengkonsumsinya.

— Memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Pada kasus yang jarang terjadi, kesulitan untuk buang air besar dianggap sebagai pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. Seperti akibat Diabetes, sindrom iritasi usus besar, Hiperkalsemia (kelebihan kalsium dalam darah), kelenjar tiroid yang kurang aktif, penyakit parkinson, multiple sclerosis, fisura anal, peradangan di usus, kanker usus besa, hingga cedera saraf tulang belakang.

— Faktor-faktor psikologis.

Kesulitan dalam buang air besar bisa terjadi pada mereka dengan gangguan psikis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.

Itu dia selengkapnya tentang Penyebab Umum Seseorang Mengalami Sembelit. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Penyebab Nyeri Ulu Hati Sampai Ke Bagian Punggung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *