Penyebab Wanita Menjadi Tidak Subur

Permasalahan kesehatan pada wanita, terutama masalah infertilitas atau ketidaksuburan belakangan terus meningkat. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab wanita menjadi kurang subur?

Baca juga : Tanda-tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Penyebab Wanita Menjadi Tidak Subur

Menurut para ahli kesehatan menduga jika ketidaksuburan pada wanita seringkali terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, sebagian wanita di era sekarang ini memiliki kehidupan yangh lebih sibuk. Rutinitas yang semakin sibuk ini membuat mereka terkadang lalai dalam menjalankan pola makan dan hidup sehat. Sering jajan diluar boleh saja, asal pintar dalam memilihnya. Maka dari itu, hindari makanan-makanan yang berpotensi membuat wanita menjadi tidak subur.

Berikut ini adalah contoh makanan yang bisa menjadi penyebab wanita mengalami infertilitas. Diantaranya :

1. Makanan manis; tidak serta merta semua makanan manis menyebabkan ketidaksuburan, hanya saja, makanan dengan kadar gula tinggi memang dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan. Nasi putih, kentang goreng, kue beras, donat, bagel, labu, dan cornflakes adalah sebagian jenis makanan yang bisa menyebabkan infertilitas pada wanita. Mengkonsumsi makanan tersebut harus sesuai kebutuhan kita.

2. Daging dan telur mentah; jenis makanan yang dikonsumsi mentah atau yang tidak dimasak dengan benar mengandung banyak bakteri, misalnya, salmonella. Bakteri jenis ini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

3. Kedelai; kedelai masuk menjadi makanan yang mengandung kedelai dapat menyebabkan infertilitas/kemandulan. Bahkan, dalam sejumlah kasus penelitian, diungkap jika terlalu banyak makan kedelai dapat menyebabkan perdarahan abnormal pada endometriosis, rahim, dan polip.

4. Makanan dengan lemak jenuh; makanan dengan kandungan lemak jenuh biasanya ditemukan pada coklat hitam, kelapa, kering, mentega, keju, dan minyak. Sebaiknya hindari terlalu sering mengkonsumsi gorengan atau makanan cepat saji.

5. Produk kafein; selain makanan, sebagian jenis minuman juga berpotensi menyebabkan tidak subur terutama kopi. Kopi bisa menyebabkan kemandulan pada wanita. Wanita yang minum kopi lebih dari 300 gram perhari dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan.

6. Minuman beralkohol; alkohol termasuk minuman yang tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu hal ini juga berlaku bagi para wanita untuk tidak mengkonsumsinya karena beresiko menyebabkan berkurangnya kesuburan pada wanita. Sama halnya dengan rokok, minuman beralkohol mengandung campuran kimia berbahaya.

Bagi Anda yang berencana untuk segera hamil, sebaiknya hindari terlebih dahulu jenis-jenis makanan tersebut. Kembalilah menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga dengan teratur untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan).

Semoga bermanfaat, salam!

Rekomendasi : Manfaat QnC Jelly Gamat Untuk Meningkatkan Kesuburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *