Ini Ternyata Perbedaan Antara Penyakit Hepatitis Dan Liver

Terkadang banyak orang yang mempertanyaan tentang bagaimana melihat Perbedaan Antara Penyakit Hepatitis Dan Liver. Keduanya bisa dikatakan penyakit yang memiliki kemiripan, karena sama-sama penyakit yang menyerang organ hati. Lalu bagaimana cara yang tepat dalam membedakan keduanya? Langsung saja, berikut ulasannya.

Mengetahui apa yang menjadi pembeda antara penyakit Hepatitis dan Liver, antara lain.

Perbedaan Antara Penyakit Hepatitis Dan Liver

Berdasarkan pengertiannya, penyakit Hepatitis adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat peradangan pada hati yang timbul karena adanya infeksi bakteri maupun infeksi virus. Sedangkan Liver adalah penyakit peradangan pada hati yang terjadi tanpa disertai infeksi virus, bakteri dan lainnya. Penyebab dari liver cukup beragam, diantaranya pola hidup yang tidak sehat, pekerja malam atau orang yang sering begadang, kecanduan alkohol, konsumsi obat-obatan tertentu, kelainan bawaan sejak lahir, kurang gizi, serta kurang memperhatikan kebersihan alat-alat makan dan minum.

Gejala dari penyakit keduanyapun cukup terlihat perbedaannya, yang mana jika Hepatitis memiliki gejala-gejala seperti merasakan rasa sakit pada bagian perut kanan, badan lemas, mual, demam hingga diare. Gejala tersebut bisa semakin parah jika Hepatitis tidak segera mendapat penanganan.

Sedangkan pada gejala Liver, beberapa gejala dapat hadir seiring kondisi Liver meningkat, diantaranya :

  • Terjadi perubahan warna kulit menjadi kekuningan.
  • Urin juga mengalami perubahan warna menjadi seperti teh, lebih gelap.
  • Warna feses agak terang (pucat).
  • Mengalami mual dan mudah lelah.
  • Mengalami penurunan nafsu makan.
  • Kehilangan berat badan yang cukup drastis.
  • Mengalami gatal-gatal.
  • Terjadi pembesaran pada pembuluh darah.

Memang pada dasarnya, kedua penyakit tersebut yaitu Hepatitis dan Liver akan cukup sulit dibedakan. Namun artikel diatas hanya sebuah gambaran. Untuk memastikan sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan pada dokter agar mengetahui lebih jelas tentang keduanya.

Baca juga : Mengetahui Gejala Sakit Maag Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *