Pertolongan Pertama Yang Dilakukan Saat Maag Kambuh

Maag saat kambuh membuat penderitanya merasakan rasa sakit di perut yang tidak tertahankan. Mengapa demikian? Sudah pasti Anda mengetahuinya kan kalau sakit maag apalagi jika sakit maag sudah kronis, bisa menyebabkan penderitanya merasakan sakit perut yang luar biasa hingga yang terburuk adalah terjadinya hilang kesadaran / pingsan.

Pada penderita sakit maag, mungkin hanya sebagian besar yang sering mengalami kekambuhan, itu karena makanan dan waktu makan yang tidak diperhatikan dan dijaga dengan baik, makanya penderita sakit maag sering kambuh. Namun, Anda juga harus mengetahui bahwa ketika sakit maag kambuh, tidak perlu mengatasinya langsung dengan obat pereda sakit maag, Anda bisa menemukan cara lain yang aman dan nyaman untuk meredakan sakit maag saat kambuh. Dan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara yang dilakukan saat maag kambuh yang paling mudah!

Pertolongan Pertama Yang Dilakukan Saat Maag Kambuh

Dan ini dia beberapa cara yang bisa disebut sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk Anda atau siapapun yang mengalami sakit maag kambuh, diantaranya :

  • Memakan Cokelat.

Pertama adalah dengan Cokelat. Cokelat bisa menjadi pertolongan pertama saat sakit maag kambuh / menyerang,  itu karena Cokelat bersifat mengganjal, yang mengenyangkan dan mengandung gula sehingga setidaknya ketika dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk makan maka dapat mengkonsumsi Cokelat untuk mengurangi rasa sakit saat maag kambuh.

  • Memakan Pisang.

Cara yang paling mudah kedua adalah dengan buah Pisang. Pisang dikenal sebagai makanan yang baik untuk menstabilkan asam lambung, pisang paling baik dikonsumsi langsung tanpa diolah seperti digoreng, dibakar karena kandungan pisang dalam bentuk buah paling baik untuk menjaga lambung dari maag.

  • Minum air lemon saat pagi hari.

Air lemon meskipun terasa asam namun bersifat basa yang artinya dapat menetralkan PH lambung yang tinggi karena asam lambung. Minum perasan air lemon 1 sendok makan dapat membantu menjaga kestabilan asam lambung selama seharian penuh.

  • Mengkonsumsi lidah buaya.

Lidah buaya yang dimakan langsung ternyata sangat baik bagi lambung karena dapat mendinginkan perut secara alami dan lebih cepat. Mengkonsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan memotong kecil kecil lidah buaya dan langsung dimakan bersama cairan pekat lidah buaya, jangan mengukus atau merebus karena cairan lidah buaya yang alamilah yang mampu mereduksi asam lambung.

  • Putri malu.

Air rebusan putri malu (tanaman herba) dapat membantu mengurangi efek dari sakit maag. Caranya cuku mudah, hanya dengan merebus segenggam putri malu yang sudah dibersihkan duri dan kotoran atau debu yang menempel lalu merebus dengan air hingga kecoklatan seperti teh. Minum air rebusan 1 kali sehari, sudah bagus untuk menjaga kesehatan lambung.

  • Menghindari makanan asam, pedas serta makanan berminyak.

Saat maag kambuh jangan sekali kali makan asam seperti sayur asam, makanan pedas baik sambel atau masakan yang banyak mengandung merica serta makanan yang berminyak. Karena ketiga hal tersebut akan semakin mempercepat asam lambung meningkat.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama jika sakit maag kambuh, semoga dapat bermanfaat.

Salam!

Pertolongan Pertama Yang Dilakukan Saat Maag Kambuh |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *