Pilihan Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat memang termasuk penyakit peradangan pada sendi yang cukup menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kristal-kristal asam urat pada bagian tubuh tertentu seperti jempol kaki dan pergelangan kaki, lutut, dan tangan.

Pilihan Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat

Kristal-kristal asam urat ini terbentuk karena zat purin berlebih di dalam tubuh. Harusnya tubuh mempunyai zat purin dalam kadar normal namun karena konsumsi makanan yang tidak diperhatikan atau terlalu banyak mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki zat purin tinggi, jadilah Anda mudah terkena asam urat. Beberapa makanan yang memiliki kadar purin tinggi diantaranya adalah daging merah, kalkun, jeroan (hati dan ginjal), asparagus, kerang, ikan tuna, teri dan ikan asin. Dalam minuman sendiri sift drink dan minuman keras (bir) jika dikonsumsi berlebihan akan memicu kenaikan pada zat purin di dalam tubuh.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menanggulangi asam urat ini, selain pengobatan yang lebih baik adalah mengatur pola makan. Dan berikut ini adalah pilihan / solusi mengenai bagaimana Anda memilih makanan tertentu agar asam urat tidak terjadi dan kadar purin tetap normal. Diantaranya :

Perbanyak konsumsi makanan seperti :

  • Buah-buahan, seperti jeruk, melon, apel.
  • Sayuran hijau, wortel, tomat.
  • Air mineral: konsumsi setidaknya 2 liter perhari untuk meluruhkan kadar asam urat.
  • Sumber karbohidrat yang lebih kompleks seperti kentang dan beras merah
  • Makanan mengandung biji-bijian utuh.
  • Susu dan yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak mengandung kadar purin yang rendah dan protein yang tinggi.

Selain itu, tetap melakukan olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan obesitas juga bisa menjadi faktor risiko utama penyakit rematik asam urat.

Semoga bermanfaat!

Pilihan Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *