Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Ibu menyusui diharuskan untuk menjaga asupan makanan untuk kesehatan dirinya sendiri, juga untuk si buah hati. Sebab, bayi baru lahir masih sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dan hanya bisa didapat dari ASI

ASI adalah satu-satunya makanan utama saat usia bayi belum memasuki 6 bulan. Untuk itu, sangat penting bagi ibu menjaga asupan makanan yang mengharuskannya untuk mengkonsumsi ragam makanan yang baik kaya dengan kandungan gizi dan nutrisi agar bayi tumbuh sehat, kuat dan cerdas!

Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Berbagai jenis makanan berikut ini bisa jadi rekomendasi terbaik bagi ibu menyusui, agar bayi tetap sehat dan cerdas.

1. Beras merah.

Beras merah sangat baik bagi ibu yang memiliki bobot tubuh berisi / gemuk setelah melahirkan. Manfaat dari mengkonsumsi nasi dari beras merah selain dari kandungan glukosa yang tidak terlalu tinggi seperti nasi putih, nasi dari beras merah juga dapat memberikan energi untuk ibu menyusui.

2. Kacang hijau.

Kacang hijau termasuk sumber nutrisi yang baik untuk ibu menyusui, karena manfaatnya dapat membantu melancarkan ASI. Maka dari itu, minimal ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi air rebusan kacang hijau beserta kacang hijaunya.

3. Kuning telur.

Kuning telur juga masuk dalam jajaran makanan yang dibutuhkan untuk ibu menyusui. Alasannya, kuning telur memiliki kandungan gizi diantaranya adalah Vitamin D. Vitamin D pada telur sangat bermanfaat untuk menjaga tulang ibu tetap kuat dan terhindari dari pengeroposan tulang. Selain itu, kuning telur juga memiliki kandungan Protein, sangat baik sebagai nutrisi yang dibutuhkan ibu juga bayi.

4. Kacang merah.

Selain Protein, kacang merah juga memiliki kandungan zat besi yang akan menghindarkan ibu dari anemia, pada bayi zatr besi akan berpengaruh dalam mengganti sel yang rusak.

5. Ikan salmon.

Salah satu makanan lainnya yang bermanfaat untuk ibu menyusui yaitu salmon. Ikan salmon kaya akan kandungan DHA, dapat membantu dalam perkembangan sistem syarafnya.

6. Daun katuk.

Daun katuk juga termasuk yang dipercaya sebagai salah satu alternatif agar mendapatkan asi yang melimpah. Gunakan daun katuk muda, karena daun katuk muda mengandung senyawa berupa steroid dan polifenol. Keduanya dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang memiliki jumlah asi sedikit.

7. Daging sapi.

Jika ibu hamil mengkonsumsi setidaknya 100gram daging merah (sapi) tanpa lemak, akan memperbaiki kandungan zat besi dalam tubuh.

8. Keju yang dipasteurisasi.

Keju bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kandungan keju olahan memiliki kandungan kalsium didalamnya. Kalsium tersebut bermanfaat nantinya untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

9. Konsumsi susu rendah lemak.

Kandungan susu diantaranya Vitamin B, D juga Protein. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi susu rendah lemak yang akan membantu banyak dalam tumbuh kembang si bayi. Selain itu ketika menyusui, ibu akan mengalami sakit pinggang yang diakibatkan kalsium tulang semakin menipis. Jadi dengan mengkosnusmi 3 gelas susu setiap harinya, akan membantu mengembalikan kalsium tulang yang terkikis.

10. Pak Choy.

Merupakan sayuran hijau yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan menyusui karena sayuran tersebut dapat menghindarkan ibu dari terjadinya anemia. Selain itu sayuran Pak Choy juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Jenis makanan lainnya yang juga direkomendasikan untuk ibu menyusui yaitu Selada, jamur, mentimun, jagung, kentang, kemiri, biji kenari, kacang mete, ikan lele, susu kedelai, tahu, tempe, dan ibu jalan termasuk makanan-makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui agar ibu sehat dan bayi cerdas.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *