Sayuran Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Pada postingan sebelumnya dijelaskan mengenai sejumlah Sayuran Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, untuk kali ini adalah sebaliknya, yaitu jenis Sayuran Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes.

Beruntung sekali membayangkan kita yang telah lahir di negeri yang kaya rempah, dan beragam tanaman (tumbuhan) sehat hidup di negeri ini. Cara mendapatkannya pun cukup mudah, dan masih bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau.

Terutama pada sayuran hijau yang banyak kita temukan di pasar tradisional bahkan swalayan. Kabar baiknya adalah, salah satu sayuran hijau yang cukup umum dan mudah ditemukan yakni Buncis, menurut ahli kesehatan adalah jenis sayuran hijau yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita Diabetes Tipe 2. Mengapa demikian?

Sayuran Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Buncis termasuk jenis sayuran sehat yang memiliki kandungan serat baik serta protein di dalamnya. Buncis yang masih tergolong dalam keluarga polong-polongan ini direkomendasikan untuk dijadikan santapan sehat bagi penderita Diabetes.

Berdasarkan jurnal Archives of Internal Medicine yang dipublikasikan pada tahun 2012 lalu, diikatakan jika sebagian dari partisipan pria dan wanita yang menderita Diabetes Melitus Tipe 2 kemudian mengkonsumsi tanaman berjenis polong-polongan setiap hari dalam 3 bulan. Hasilnya, mereka mengalami efek positif dalam mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, para partisipan juga diminta untuk mengkonsumsi polong-polongan setiap harinya dan sebagian lainnya diharuskan untuk mengkonsumsi diet tinggi serat dari gandum. Dan hasilnya adalah, para partisipan yang mengkonsumsi poling-polongan secara rutin, mengalami penurunan kadar gula dalam darah sebanyak 0,5%. Jumlahnya pun lebih banyak dari partisipan yang disarankan untuk diet serat / gandum yang hanya mengalami penurunan kadar gula darah sebanyak 0,3%. Lalu pada tekanan darah sistolic menurun hingga 4,5 mmHg dan tekanan darah diastolic menurun menjadi 3,1 mmHg. Jumlah ini dinilah jauh lebih besar jika dibandingkan dengan penurunan tekanan darah peserta yang mengkonsumsi gandum secara rutin, yakni 2,1 mmHg untuk tekanan darah systolic dan 1,6 mmHg untuk tekanan darah diastolic.

Perubahan juga terjadi pada berat badan mereka yang mengkonsumsi polong-polongan mengalami penurunan sebanyak 0,8kg dibandingkan mereka yang diet gandum. Kadar Kolesterol, dan trigliserida juga ikut turun banyak. (sumber artikel, doktersehat)

Posted by Obat QnC Jelly Gamat Khasiat Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *